Cermin datar

Anda tentu tidak asing dengan cermin datar πŸ™‚ Sebelum ke sekolah mungkin anda menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menatap bayangan wajah anda di balik cermin datar, memastikan apakah wajah anda masih ganteng atau cantik πŸ˜€ Cermin datar merupakan salah satu alat optik sederhana yang sering kita gunakan setiap hari.

Pengertian Cermin Datar

Dalam kehidupan sehari-hari, cermin datar sering disebut cermin. Ketika seseorang mengatakan cermin, yang dimaksudkan orang tersebut adalah cermin datar. Dalam fisika, anda harus menyebutnya cermin datar untuk membedakan cermin tersebut dengan cermin lengkung (cermin cekung dan cermin cembung).

Cermin datar adalah cermin yang mempunyai permukaan datar, di mana salah satu permukaannya dilapisi dengan logam pemantul sehingga permukaan cermin datar tersebut dapat memantulkan lebih dari 95 persen cahaya yang mengenainya. Jika anda menyorotkan cahaya senter menuju permukaan cermin datar, cermin datar memantulkan cahaya senter tersebut sehingga mata anda silau jika cahaya senter yang dipantulkan cermin datar mengenai mata anda. Sebaliknya, apabila anda berdiri di depan permukaan cermin datar pada siang hari, wajah anda memantulkan cahaya matahari menuju permukaan cermin datar dan pada saat yang sama, cermin datar memantulkan cahaya kembali menuju anda. Bila anda berdiri di depan permukaan cermin datar pada malam hari maka wajah anda memantulkan cahaya lampu listrik menuju permukaan cermin datar dan pada saat yang sama, cermin datar memantulkan cahaya lampu listrik kembali menuju anda.

Mengapa tampak bayangan wajah anda di balik cermin datar dan bagaimana proses pembentukan bayangan tersebut ?

Bayangan Cermin Datar

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya dan tidak melihat iklan. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: