Muka gelombang, sinar dan berkas cahaya

Pengertian Muka Gelombang

Jika batu berukuran kecil dijatuhkan ke dalam genangan air yang tenang maka akan muncul riak air atau gelombang air berbentuk lingkaran yang bergerak menjauhi pusat lingkaran. Pada riak air terdapat puncak gelombang dan lembah gelombang. Puncak gelombang atau lembah gelombang air yang bergerak menjauhi pusat lingkaran dapat dikatakan sebagai muka gelombang air. Dua muka gelombang yang berdekatan adalah dua bagian gelombang yang berfase sama dan dipisahkan sejauh satu panjang gelombang. Puncak gelombang atau lembah gelombang yang mempunyai fase sama dan terpisah sejauh satu atau lebih panjang gelombang disebut sebagai muka gelombang. Selain gelombang air, gelombang bunyi atau gelombang cahaya juga mempunyai muka gelombang. Berbeda dengan gelombang riak air yang bergerak hanya pada suatu bidang atau luasan, gelombang bunyi dan gelombang cahaya bergerak pada suatu ruang atau volume.

Muka gelombang, sinar dan berkas cahaya - 1Pengertian Sinar

Sinar adalah garis khayal yang tegak lurus dengan muka gelombang. Konsep sinar digunakan untuk menjelaskan arah perambatan gelombang.

Pengertian Berkas Cahaya

Suatu benda bisa dilihat karena benda tersebut memancarkan cahaya atau memantulkan cahaya yang dipancarkan benda lain. Sebagai contoh, cahaya lilin, lampu neon dan matahari dapat dilihat karena benda-benda tersebut dapat memancarkan cahaya. Bulan dapat dilihat karena memantulkan cahaya matahari, sedangkan buku yang dibaca atau makanan yang hendak dimakan dapat dilihat karena buku dan makanan memantulkan cahaya matahari. Benda seperti buku dan makanan tidak dapat dilihat jika tidak ada cahaya yang dipantulkan benda tersebut.

Ketika melihat suatu benda, cahaya bergerak dari benda ke mata melalui lintasan berupa garis lurus. Misalnya sebuah buku berada di hadapan anda. Anda tentu saja hanya melihat bagian depan buku dan bagian samping buku di mana cahaya yang dipantulkan bagian-bagian buku tersebut bergerak lurus menuju mata anda. Anda tidak bisa melihat bagian belakang buku karena cahaya tidak berbelok arah dan bergerak dalam lintasan bengkok menuju mata anda.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata berkas diartikan sebagai sekumpulan. Sejumlah kayu ketika diikat menjadi satu maka disebut seberkas kayu. Berkas cahaya artinya sekumpulan cahaya. Buku yang berada di hadapan anda sebenarnya memantulkan berkas cahaya ke semua arah. Karena cahaya tidak dapat berbelok maka hanya bagian benda dimana cahaya dimungkinkan bergerak lurus menuju mata yang dapat dilihat. Hanya bagian benda tertentu yang dapat dilihat karena hanya berkas cahaya tertentu yang dipantulkan oleh benda, bergerak lurus hingga mengenai mata. Dalam kaitan dengan sinar, sekumpulan kecil berkas cahaya yang dipancarkan atau dipantulkan oleh suatu benda dapat digambarkan dalam bentuk sebuah sinar.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung