Cermin cembung

Pengertian Cermin Cembung

Salah satu jenis cermin yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah cermin cembung. Cermin cembung adalah cermin yang bentuknya lengkung, di mana permukaan cermin yang memantulkan cahaya melengkung ke depan.

Penggunaan Cermin Cembung

Jika anda pernah melihat kaca spion sepeda motor atau mobil, tentu anda telah mengetahui kegunaan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari 🙂 Cermin cembung digunakan sebagai kaca spion karena bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung berukuran lebih kecil sehingga luas jangkauan pandangan lebih luas. Selain ukuran bayangan yang lebih kecil, semua bayangan yang dibentuk cermin cembung bersifat maya atau semu. Silahkan pelajari topik bayangan cermin cembung untuk memperjelas pemahamanmu.
 
Titik Fokus Cermin Cembung

Cermin cembung - 1Jika permukaan cermin cembung yang memantulkan cahaya dihadapkan pada benda yang sangat jauh misalnya matahari, maka berkas cahaya yang dipancarkan matahari akan sejajar dengan sumbu utama cermin cembung, sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah. Sumbu utama adalah garis khayal yang tegak lurus dengan bagian tengah permukaan cermin cembung.
Ketika menumbuk permukaan cermin cembung, masing-masing berkas cahaya atau sinar cahaya mematuhi hukum pemantulan cahaya. Semua sinar pantul seolah-olah datang dari titik fokus cermin cembung (F). Dengan kata lain, titik fokus merupakan titik bayangan dari benda yang berjarak sangat jauh dari permukaan cermin cembung dan bayangan ini bersifat maya.

Panjang Fokus Cermin Cembung

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya dan tidak melihat iklan. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: