Gerak lurus berubah beraturan

Pernah mengamati pesawat yang bergerak pada landasan pacu ? Jika belum pernah, luangkan waktu anda untuk jalan-jalan ke banda di kota anda. Amati gerakan pesawat ketika hendak terbang atau hendak mendarat. Ketika hendak terbang, pesawat mulai bergerak lurus dari keadaan diam lalu gerakannya semakin cepat hingga akhirnya terbang. Sebaliknya, ketika mendarat, gerakan pesawat yang pada mulanya sangat cepat perlahan-lahan menjadi menjadi pelan. Gerakan pesawat pada landasan pacu merupakan contoh gerak lurus berubah beraturan pada arah horisontal. Pernah melihat buah yang terlepas dari tangkainya dan jatuh ke tanah ? Gerak jatuh buah atau benda apapun dari ketinggian tertentu menuju permukaan tanah merupakan contoh gerak lurus berubah beraturan pada arah vertikal dan hal ini dibahas secara detail pada gerak jatuh bebas. Dapatkah anda menyebutkan contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari ?

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) merupakan gerak dengan percepatan konstan. Percepatan merupakan besaran vektor karenanya percepatan terdiri dari besar percepatan dan arah percepatan. Jadi gerak lurus berubah beraturan adalah gerak dengan besar percepatan dan arah percepatan konstan. Arah percepatan konstan = arah kecepatan konstan = arah gerakan benda konstan = benda bergerak lurus. Besar percepatan konstan artinya besar kecepatan alias kelajuan bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur.

Kelajuan bertambah secara teratur
Misalnya sebuah benda mula-mula diam. Satu sekon kemudian, benda bergerak dengan kelajuan 2 m/s. Dua sekon kemudian, benda bergerak dengan kelajuan 4 m/s. Tiga sekon kemudian, benda bergerak dengan kelajuan 6 m/s. Dan seterusnya… Tampak bahwa setiap 1 sekon, kelajuan benda bertambah 2 m/s. Benda tersebut dikatakan mengalami percepatan konstan sebesar 2 m/s per 1 sekon atau 2 m/s per sekon atau 2 m/s2.

Kelajuan berkurang secara teratur
Misalnya sebuah benda pada mulanya sedang bergerak dengan kelajuan 10 m/s. Satu sekon kemudian kelajuannya berkurang menjadi 9 m/s. Dua sekon kemudian kelajuannya berkurang menjadi 8 m/s. Tiga sekon kemudian, kelajuannya berkurang menjadi 7 m/s. Dan seterusnya… Tampak bahwa setiap 1 sekon, kelajuan benda berkurang 1 m/s. Benda tersebut dikatakan mengalami perlambatan konstan alias percepatan negatif sebesar 1 m/s per 1 sekon atau 1 m/s per sekon atau 1 m/s2.
Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan
Terdapat tiga rumus GLBB, antara lain :
Gerak-lurus-berubah-beraturan-1Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan
Grafik percepatan – waktu dan grafik kecepatan – waktu dari sebuah benda yang bergerak lurus berubah beraturan dengan percepatan konstan sebesar 2 m/s2.
Gerak-lurus-berubah-beraturan-2

Gerak-lurus-berubah-beraturan-3

Pelajari contoh soal gerak lurus berubah beraturan agar anda lebih memahami gerak lurus berubah beraturan.

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 5)

Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian Gerak Lurus
  2. Besaran-besaran Fisika pada Gerak Lurus

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 4)

Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian Gerak Lurus Beraturan
  2. Rumus Gerak Lurus Beraturan
  3. Grafik Gerak Lurus Beraturan

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 4)

Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan
  2. Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan
  3. Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 6)

Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal Ke Atas, Gerak Vertikal Ke Bawah
  2. Rumus Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal Ke Atas, Gerak Vertikal Ke Bawah
  3. Pembahasan Soal Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal Ke Atas, Gerak Vertikal Ke Bawah
Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung