Kecepatan dan kelajuan

Kecepatan merupakan besaran vektor sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar. Kecepatan mempunyai besar dan arah, sedangkan kelajuan hanya mempunyai besar saja. Satuan internasionalnya adalah meter per sekon, disingkat m/s atau ms-1. Lambangnya adalah v (velocity).

Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata
Kecepatan-dan-kelajuan-1Kecepatan-dan-kelajuan-2
Contoh soal.
1. Seorang siswa berjalan ke timur sejauh 2 meter selama 1 sekon. Berapa kelajuan rata-rata dan besar kecepatan rata-rata siswa tersebut ?
Pembahasan
Kecepatan-dan-kelajuan-3Kelajuan rata-rata = 2 m/s
Besar kecepatan rata-rata = 2 m/s
Arah = arah perpindahan = timur

2. Seorang siswa berjalan ke timur sejauh 2 meter selama 1 sekon, lalu berjalan ke barat sejauh 1 meter selama 2 sekon. Berapa kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata siswa tersebut ?
Pembahasan
Kecepatan-dan-kelajuan-4Kelajuan rata-rata = (2 meter + 1 meter) / (1 sekon + 2 sekon) = 3 meter / 3 sekon = 1 m/s
Besar = (2 meter – 1 meter) / (1 sekon + 2 sekon) = 1 meter / 3 sekon = 1/3 m/s
Arah = arah perpindahan = timur.

BACA JUGA  Contoh soal listrik statis

Kelajuan sesaat dan kecepatan sesaat
Kelajuan sesaat = jarak yang sangat kecil / selang waktu tempuh yang sangat singkat. Dengan kata lain, kelajuan sesaat merupakan jarak yang sangat kecil yang ditempuh selama selang waktu yang sangat singkat. Jika anda pernah mengendarai sepedamotor atau mobil, anda akan mengamati kelajuan sepeda motor atau mobil selalu berubah-ubah setiap saat selama sepeda motor atau mobil bergerak. Kelajuan sesaat ini ditunjukkan oleh speedometer.
Besar kecepatan sesaat = besar perpindahan yang sangat kecil / selang waktu tempuh yang sangat singkat. Dengan kata lain, besar perpindahan yang sangat kecil yang ditempuh selama selang waktu yang sangat singkat.

Perlu diketahui bahwa kita dapat menggantikan besar kecepatan dengan kelajuan. Besar kecepatan dianggap sama dengan kelajuan karena jarak dan besar perpindahan bernilai sama jika sangat kecil. Walaupun jarak dan besar perpindahan tidak selalu sama (bandingkan pembahasan soal jarak dan perpindahan), tetapi jika jarak dan besar perpindahan sangat kecil maka keduanya pasti mempunyai nilai yang sama.

BACA JUGA  Contoh soal susunan seri-paralel pegas

Referensi

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Ilmu Pengetahuan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca