Pemuaian

Jika anda amati kabel listrik secara saksama, tampak kabel listrik melengkung ke bawah karena kendur. Mengapa kabel listrik sengaja dikendurkan, mengapa tidak ditegangkan saja ? Kebanyakan atap rumah di Flores dan Lembata, Nusa Tenggara Timur, terbuat dari seng (Zn). Pada siang hari atau pada malam hari, atap rumah yang terbuat dari seng menimbulkan bunyi. Mengapa seng berbunyi ? Jika anda tinggal di pulau Jawa, mungkin anda pernah mengamati rel kereta api. Pada sambungan rel terdapat celah. Apa fungsi celah pada sambungan rel ?  Masih banyak hal yang dapat anda pikirkan dan pertanyakan berkaitan dengan pokok bahasan pemuaian.

Pemuaian panjang

Kebanyakan benda padat mengalami pemuaian panjang ketika suhunya berubah. Yang dimaksudkan dengan pemuaian panjang adalah panjang benda bertambah atau panjang benda berkurang. Biasanya panjang benda bertambah ketika suhunya meningkat, sebaliknya panjang benda berkurang ketika suhunya menurun. Anda mungkin mengira pemuaian panjang hanya bisa terjadi pada benda-benda seperti kawat tipis.Misalnya tinjau sebuah mobil yang sedang diparkir di pinggir jalan sehingga disinari matahari. Ketika mobil kepanasan, lempeng besi bisa bertambah tebal atau panjang sisinya bisa bertambah. Atap rumah yang terbuat dari seng juga bisa mengalami pemuaian panjang. Dalam hal ini, ketika seng kepanasan, tepi seng bertambah lebar dan seng juga bisa bertambah tebal. Hal yang sama juga terjadi pada rel kereta api dan besi atau baja pada jembatan.

Kebanyakan benda padat memuai atau menyusut ketika suhu benda tersebut berubah, karenanya kita perlu mengetahui bagaimana pengaruh perubahan suhu terhadap pemuaian benda padat. Hal ini sangat membantu kita ketika merancang suatu peralatan, bangunan, kendaraan dll. Contohnya celah pada rel kereta api. Rel kereta api terbuat dari baja. Para insinyur sudah memperhitungkan lebar celah antara setiap rel. Pada siang hari yang panas, rel akan memuai sejauh beberapa centimeter. Ketika dilewati oleh kereta api, suhu rel juga meningkat sehingga rel memuai sepanjang berapa centimeter. Pada malam hari yang dingin, rel menyusut sejauh berapa centimeter.  Berdasarkan hasil analisis, para insinyur memperkirakan berapa jarak antara celah rel, agar ketika suhu rel meningkat, rel tidak saling bersentuhan dan menjadi bengkok.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: