Anomali air

Pernah minum teh botol, coca cola botol dll. ? Perhatikan botolnya. Bandingkan dengan botol bir bintang atau botol anggur orang tua. Mengapa botol coca cola atau botol teh lebih tebal daripada botol bir bintang atau botol anggur orang tua ? Biasanya botol minuman dingin lebih tebal dari botol minuman panas 🙂 Mengapa demikian ? Agar lebih memahami hal ini, coba lakukan percobaan sederhana berikut ini. Siapkan sebuah botol bir bintang atau botol anggur orang tua. Jika tidak ada, gunakan saja botol lain asalkan botol tersebut tidak tebal. Anda punya freezer ? Masukkan air ke dalam botol lalu simpan botol di dalam freezer hingga air yang ada di dalam botol membeku. Setelah itu, segera pergi dari rumah agar tidak dimarahi ayah atau ibu. Botol bisa pecah ketika air membeku.

Ketika hendak membuat es, biasanya air dibungkus dalam plastik. Plastik bersifat plastis sehingga ketika es batu mengembang, plastik juga mengembang. Plastik menjadi lebih gemuk setelah air berubah menjadi es. Aneh ya ? Seharusnya benda menyusut ketika suhunya berkurang. Mengapa air memuai ketika suhunya berkurang ?  Keanehan air ini dikenal dengan sebutan anomali air.

Setiap benda memuai (volume benda bertambah) ketika suhu benda bertambah dan benda menyusut (volume benda berkurang) ketika suhu benda berkurang. Air juga memuai ketika suhunya bertambah dan menyusut ketika suhunya berkurang, tetapi tidak pada suhu 0oC – 4oC. Antara suhu 0 oC sampai 4 oC, volume air berkurang (air menyusut) seiring bertambahnya suhu. Jika kita memanaskan air pada suhu 0 oC, semakin panas air, semakin berkurang volume air. Proses penyusutan terhenti ketika air mencapai suhu 4 oC. Di atas 4 oC, volume air bertambah (air memuai) seiring bertambahnya suhu. Sebaliknya, air memuai (volume air bertambah) ketika suhunya berkurang dari 4 oC sampai 0 oC.

Misalnya kita masukkan air bersuhu 30oC ke dalam freezer. Ketika berada di dalam freezer, suhu air berkurang. Pada saat suhu air berkurang, volume air juga berkurang (air menyusut). Ketika mencapai suhu 4 oC, air mulai memuai (volume air bertambah). Pemuaian air terhenti ketika suhunya mencapai 0 oC. Berbeda dengan benda lain yang terus menyusut (volume benda berkurang)  ketika suhu benda tersebut berkurang hingga 0oC.

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: