Jenis-jenis keseimbangan

Tidak semua benda yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari selalu diam. Mungkin pada mulanya benda diam, tetapi jika digerakkan maka benda bisa saja bergerak. Persoalannya, apakah setelah benda bergerak, benda kembali lagi ke posisinya semula atau tidak, hal ini bergantung pada jenis keseimbangan benda tersebut.
Jika sebuah benda yang sedang diam mengalami gangguan (terdapat resultan gaya atau resultan momen gaya yang bekerja pada benda tersebut) maka benda akan bergerak. Setelah bergerak, akan ada tiga kemungkinan, yakni : (1) benda kembali ke posisinya semula, (2) benda menjauhi posisinya semula, (3) benda tetap berada pada posisinya yang baru. Jika setelah bergerak, benda kembali ke posisinya semula maka benda berada dalam keseimbangan stabil. Jika setelah bergerak, benda bergerak semakin jauh dari posisi semula, maka benda berada dalam keseimbangan labil. Sebaliknya jika setelah bergerak benda tetap berada pada posisinya yang baru maka benda berada dalam keseimbangan netral.

Keseimbangan stabil
Suatu benda yang pada mulanya diam, jika padanya dikerjakan gaya atau torsi sehingga terdapat resultan gaya atau resultan momen gaya yang menggerakan benda maka benda akan bergerak. Benda setimbang stabil jika setelah bergerak benda kembali ke posisinya semula. Benda bergerak kembali ke posisinya semula karena ada resultan gaya atau resultan momen gaya.
Contoh 1 :

Jenis jenis keseimbangan benda tegar-1Sebuah benda digantung dengan seutas tali pada sebuah penyanggah. Mula-mula benda diam. Setelah didorong, benda bergerak lalu kembali ke posisinya semula. Titik berat benda berada di tengah-tengah benda tersebut, sedangkan titik tumpuh berada di antara tali dan penyanggah.
Benda bergerak kembali ke posisinya semula akibat adanya resultan gaya berat pada arah horisontal (ws). Tegangan tali (T) dan komponen gaya berat pada arah vertikal (wy) saling melenyapkan karena kedua gaya ini mempunyai besar sama dan arah berlawanan.
Contoh 2 :

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: