Pembahasan soal muatan listrik

1. EBTANAS-SMP-00-17
Jika kaca digosok dengan kain sutera maka yang terjadi adalah …
A. kain sutera bermuatan listrik positif
B. kaca bermuatan listrik negatif
C. proton berpindah dari kaca ke kain sutera
D. elektron berpindah dari kaca ke kain sutera
Pembahasan
Benyamin Franklin (1706-1790), seorang negarawan dan ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat, menyarankan untuk menamakan kedua jenis muatan sebagai muatan positif dan muatan negatif. Beliau menamakan muatan listrik seperti pada kaca sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik sebagai muatan negatif.
Kain sutera yang bermuatan listrik tarik menarik dengan kaca yang bermuatan listrik. Karena saling tarik menarik, di mana kaca bermuatan listrik positif, maka kain sutera bermuatan listrik negatif.
Kaca bermuatan listrik positif artinya kaca kelebihan proton dan kekurangan elektron, di mana elektron berpindah dari kaca ke kain sutera.
Kain sutera bermuatan negatif artinya kain sutera kelebihan elektron, di mana kain sutera mendapat tambahan elektron dari kaca.
Jawaban yang benar adalah D.

2. EBTANAS-SMP-03-12
Kaca yang digosokkan kain sutera akan bermuatan positif. Hal ini terjadi karena …
A. elektron berpindah dari kain sutera ke kaca
B. elektron berpindah dari kaca ke kain sutera
C. proton berpindah dari kain sutera ke kaca
D. proton berpindah dari kaca ke kain sutera
Pembahasan
Kaca menjadi bermuatan positif karena elektron berpindah dari kaca ke kain sutera, menyebabkan kaca berkelebihan proton (muatan positif). Sebaliknya kain sutera menjadi bermuatan negatif karena kain sutera menerima elektron dari kaca menyebabkan kain sutera berkelebihan elektron (muatan negatif).
Yang berpindah selama pengosokkan adalah elektron, bukan proton. Elektron berada pada bagian luar sehingga bisa berpindah dari suatu benda ke benda lain, sedangkan proton berada pada bagian dalam atau pusat atom sehingga tidak bisa berpindah-pindah dari suatu benda ke ke benda lain.
Jawaban yang benar adalah B.

3. EBTANAS-SMP-04-11
Perhatikan gambar percobaan berikut ini!
Benda B terbuat dari plastik yang digosok dengan rambut didekatkan pada benda A yang digantung bebas. Ternyata benda A bergerak menjauhi B. Maka dapat disimpulkan bahwa …
A. A dan B memiliki muatan negatifPembahasan soal muatan listrik 1
B. A dan B memiliki muatan positif
C. A bermuatan positif, B bermuatan negatif
D. A bermuatan negatif, B bermuatan positif
Pembahasan
Benyamin Franklin (1706-1790), seorang negarawan dan ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat, menyarankan untuk menamakan kedua jenis muatan sebagai muatan positif dan muatan negatif. Selanjutnya disepakati bahwa muatan listrik seperti pada kaca sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik sebagai muatan negatif.
Muatan sejenis tolak menolak karenanya benda yang tolak menolak dengan plastik mempunyai muatan yang sama dengan plastik yakni muatan negatif.
Jawaban yang benar adalah A.

4. UAS-05-33
Sebuah benda didekatkan dengan penggaris plastik bermuatan listrik ternyata ditolak, bila benda tersebut didekatkan dengan sepotong kaca yang bermuatan listrik akan tertarik, maka benda tersebut …
A. bermuatan positif
B. bermuatan negatif
C. bermuatan positif dan negatif
D. bermuatan bermuatan
Pembahasan
Muatan listrik seperti pada kaca disepakati sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik disepakati sebagai muatan negatif. Apabila suatu benda tolak menolak dengan plastik bermuatan listrik dan tarik menarik dengan kaca bermuatan listrik maka benda tersebut bermuatan listrik negatif.
Jawaban yang benar adalah B.

5. UAS-06-16
Plastik yang digosokkan pada rambut akan bermuatan negatif karena…
A. elektron pindah dari plastik ke rambut
B. proton pindah dari plastik ke rambut
C. elektron pindah dari rambut ke plastik
D. proton pindah dari rambut ke plastik
Pembahasan
Benyamin Franklin (1706-1790), seorang negarawan dan ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat, menyarankan untuk menamakan kedua jenis muatan sebagai muatan positif dan muatan negatif. Selanjutnya beliau menamakan muatan listrik seperti pada kaca sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik sebagai muatan negatif.
Setiap benda tersusun dari atom atau molekul. Di dalam atom terdapat elektron yang bermuatan negatif, proton yang bermuatan positif dan neutron yang bersifat netral secara kelistrikan. Elektron berada di bagian luar atom sehingga mudah pindah dari suatu benda ke benda lain, sedangkan proton berada di pusat atom sehingga tidak bisa berpindah.
Plastik atau benda apapun menjadi bermuatan negatif karena berkelebihan elektron. Karena plastik digosokkan pada rambut maka disimpulkan bahwa elektron berpindah dari rambut ke plastik.
Jawaban yang benar adalah C.

6. UAS-SMP-07-25
Dua muatan yang sejenis jika didekatkan akan …
A. bertolak belakang
B. menarik dan menolak
C. tolak menolak
D. tarik menarik
Pembahasan
Dua muatan sejenis apabila didekatkan saling tolak menolak dan dua muatan tak sejenis bila didekatkan saling tarik menarik.
Jawaban yang benar adalah C.

7. UAS-SMP-07-26
Empat buah muatan A, B, C, dan D. A dan B tolak menolak. A dan C tarik menarik, sedangkan C dan D tolak menolak. Jika B bermuatan listrik positif, maka …
A. D bermuatan negatif, C positif
B. C bermuatan negatif, D positif
C. D bermuatan negatif, A positif
D. A bermuatan positif, C positif
Pembahasan
Apabila B bermuatan positif maka :
A dan B tolak menolak karenanya jika B bermuatan positif maka A bermuatan positif.
A dan C tarik menarik karenanya jika A bermuatan positif maka C bermuatan negatif.
C dan D tolak menolak karenanya jika C bermuatan negatif maka D bermuatan negatif.
Jawaban yang benar adalah C.

8. UN IPA SMP tahun 2008 P37 No. 18
Seorang siswa menginginkan batang kaca tampak seperti gambar menjadi bermuatan listrik positif. Untuk itu ia melakukan penggosokan batang kaca tersebut dengan dua macam kain secara bergantian.
Peristiwa yang terjadi akibat penggosokan tersebut adalah….
A. Elektron dari kain I berpindah ke kacaPembahasan soal muatan listrik 2
B. Elektron dari kain II berpindah ke kaca
C. Elektron dari kaca berpindah ke kain I
D. Elektron dari kaca berpindah ke kain II
Pembahasan
Jika kaca digosokkan dengan kain sutera maka elektron berpindah dari kaca ke kain sutera, menyebabkan kaca berkelebihan proton dan kain sutera berkelebihan elektron. Proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif, karenanya kaca menjadi bermuatan positif dan kain sutera menjadi bermuatan negatif.
Apabila plastik digosokkan dengan kain wool maka elektron berpindah dari kain wool ke plastik, menyebabkan plastik berkelebihan elektron dan kain wool berkelebihan proton. Proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif, karenanya plastik menjadi bermuatan negatif dan kain wol menjadi bermuatan positif.
Jawaban yang benar adalah C.

9. Soal UN IPA SMP C4-P12 No.15
Jika mistar plastik digosok dengan rambut yang kering kemudian didekatkan pada sobekan kertas kecil-kecil, maka kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastik bermuatan listrik …
A. positif, karena elektron dari rambut mengalir ke plastik
B. positif, karena elektron dari plastik mengalir ke rambut
C. negatif, karena elektron dari rambut mengalir ke plastik
D. negatif, karena elektron dari plastik mengalir ke rambut
Pembahasan
Berdasarkan kesepakatan internasional, dua jenis muatan listrik disebut sebagai muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik seperti pada kaca disebut muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik disebut muatan negatif.
Setiap benda tersusun dari atom atau molekul. Di dalam atom terdapat elektron yang bermuatan negatif, proton yang bermuatan positif dan neutron yang bersifat netral secara kelistrikan. Elektron berada di bagian luar atom sehingga mudah pindah dari suatu benda ke benda lain, sedangkan proton berada di pusat atom sehingga tidak bisa berpindah.
Plastik atau benda apapun menjadi bermuatan negatif karena berkelebihan elektron. Karena plastik digosokkan pada rambut maka disimpulkan bahwa elektron berpindah dari rambut ke plastik.
Jawaban yang benar adalah C.

10. Soal UN IPA SMP tahun 2010 P16-C4 No. 15
Suatu percobaan dengan menggunakan alat dan bahan seperti pada gambar berikut :
Setelah digosok berulang kali dengan kain tersebut, penggaris plastik dapat menarik serpihan kertas kecil seperti pada gambar II. Hal ini membuktikan bahwa penggaris tersebut bermuatan listrik…..
A. Positif, karena telah melepaskan sebagian dari elektronnyaPembahasan soal muatan listrik 3
B. Positif, karena jumlah proton dalam inti atom bertambah
C. Negatif, karena telah menerima beberapa elektron dari kain
D. Negatif, karena jumlah elektron pada orbit terluar berkurang
Pembahasan
Muatan listrik pada kaca disepakati secara internasional sebagai muatan positif dan muatan listrik pada plastik sepakati secara internasional sebagai muatan negatif. Plastik atau benda apapun menjadi bermuatan negatif karena berkelebihan elektron. Karena plastik digosokkan dengan kain maka disimpulkan bahwa elektron berpindah dari kain ke plastik.
Jawaban yang benar adalah C.

11. Soal UN IPA SMP tahun 2011 No. 14 – Muatan listrik
Suatu percobaan pemuatan listrik statis menggunakan alat dan bahan seperti pada gambar berikut :

Pembahasan soal muatan listrik 4

Setelah digosok berulang kali dengan kain (gambar 1), pengaris plastik dapat menarik serpihan kertas kecil seperti pada gambar II. Hal ini membuktikan bahwa pengaris tersebut bermuatan listrik…
A. Positif, karena telah melepaskan sebagian dari elektronnya
B. Positif, karena jumlah proton pada pengaris bertambah
C. Negatif, karena telah menerima beberapa elektron dari kain
D. Negatif, karena elektron dari pengaris pindah ke kain
Pembahasan
Muatan listrik pada kaca disepakati secara internasional sebagai muatan positif dan muatan listrik pada plastik sepakati secara internasional sebagai muatan negatif.
Plastik atau benda apapun menjadi bermuatan negatif karena berkelebihan elektron. Karena plastik digosokkan dengan kain maka disimpulkan bahwa elektron berpindah dari kain ke plastik.
Jawaban yang benar adalah C.

12. Soal UN IPA SMP tahun 2012 A87 No. 12 – Muatan listrik
Perhatikan gambar penggaris plastik digosok dengan kain wol berikut!

Pembahasan soal muatan listrik 5

Setelah penggaris plastik digosok dengan kain wol, maka aliran elektron dan muatan yang terjadi pada penggaris plastik adalah…..

Pembahasan soal muatan listrik 6

Pembahasan
Muatan listrik pada kaca disepakati secara internasional sebagai muatan positif dan muatan listrik pada plastik sepakati secara internasional sebagai muatan negatif.
Plastik atau benda apapun menjadi bermuatan negatif karena berkelebihan elektron. Karena plastik digosokkan dengan kain wool maka disimpulkan bahwa elektron berpindah dari kain wool ke plastik.
Jawaban yang benar adalah D.

 

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung