Muatan listrik

Silahkan amati salah satu benda yang berada di sekitar anda. Jika anda menghancurkan sebuah benda, misalnya benda itu adalah batu, batu akan terbagi menjadi beberapa potongan yang berukuran lebih kecil. Bila potongan batu tadi dihancurkan lagi, potongan batu akan berubah menjadi serpihan-serpihan batu yang berukuran lebih kecil. Bagaimana jika serpihan batu dihancurkan lagi ? Tentu saja serpihan batu tadi hancur lebur dan berubah lagi menjadi lebih kecil. Apakah batu bisa dibagi lagi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sampai tak berhingga ? Kenyataan menunjukkan bahwa benda apapun jika dibagi menjadi lebih kecil maka akan tiba pada suatu titik di mana bagian terkecil benda itu tidak bisa dibagi lagi menjadi lebih kecil. Bagian terkecil benda yang tidak dapat dibagi lagi disebut sebagai atom. Jadi atom adalah bagian terkecil dari setiap materi di alam semesta.

Muatan Listrik Dalam Atom

Atom tersusun dari elektron, proton dan neutron. Proton dan neutron membentuk inti atom yang berukuran sekira 10-15 meter. Elektron-elektron berada di luar inti atom dan bergerak mengitari inti atom seperti planet-planet bergerak mengelilingi matahari. Jika diandaikan diameter atom adalah beberapa kilometer maka inti atom berukuran sebesar bola biliard dan elektron-elektron berada di antara inti hingga mencapai jarak sekira 10-10 meter dari inti. Di antara inti dan sebuah elektron terdapat ruang kosong.

Elektron yang bermuatan negatif terletak di tepi atom dan proton yang bermuatan positif terletak di inti atom. Agar elektron tetap mengitari inti dan tidak terlepas dari atom maka inti atom bermuatan positif harus mengerjakan gaya tarik pada elektron. Gaya yang menarik elektron agar tetap mengelilingi inti dan tidak terlepas dari atom dinamakan gaya listrik.

Sebaliknya di dalam inti atom terdapat proton-proton bermuatan positif sehingga proton pasti saling tolak menolak karena muatannya sejenis. Agar proton-proton tetap menyatu dalam inti atom dan tidak terpisah dari atom maka harus ada gaya yang menyatukan proton-proton tersebut. Gaya yang mengikat proton agar tetap menyatu di dalam inti atom dinamakan gaya inti atau gaya nuklir.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: