Hukum II Newton dalam bentuk momentum

Sebelumnya anda sudah mempelajari hukum II Newton yang dinyatakan melalui persamaan :
Hukum-II-Newton-dalam-bentuk-momentum-1Persamaan ini menjelaskan hubungan antara resultan gaya alias gaya total dengan massa dan percepatan. Adanya resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda bermassa menyebabkan benda bermassa benda tersebut mengalami percepatan.
Kali ini akan diperkenalkan bentuk lain dari hukum II Newton, yang menjelaskan hubungan antara resultan gaya dengan perubahan momentum.
Jika terdapat resultan gaya bekerja pada sebuah benda yang pada mulanya diam maka benda tersebut bergerak. Sebelum bergerak, benda tidak mempunyai momentum. Setelah bergerak, benda mempunyai momentum. Dapat dikatakan bahwa adanya resultan gaya yang bekerja pada benda menyebabkan momentum benda berubah selama selang waktu tertentu. Dengan kata lain, laju perubahan momentum suatu benda sama dengan resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut.
Hukum-II-Newton-dalam-bentuk-momentum-2Persamaan 1.1 merupakan bentuk lain dari hukum II Newton, yang menjelaskan hubungan antara resultan gaya dengan laju perubahan momentum benda, baik ketika massa benda tetap maupun ketika massa benda berubah.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: