Gaya apung

Gaya apungLakukan percobaan berikut.

Gantungkan sebuah beban pada dinamometer lalu catat hasil pengukuran berat beban yang ditunjukkan oleh dinamometer. Selanjutnya masukkan beban ke dalam air lalu catat berat beban yang ditunjukkan oleh dinamometer.

Bandingkan hasil pengukuran anda. Berat beban lebih besar ketika berada di dalam air atau ketika tidak berada di dalam air ? Mengapa ?  Diskusikan hasil percobaan ini dengan temanmu.

Jika percobaan dilakukan dengan benar maka hasil percobaan menunjukkan berat beban lebih kecil ketika beban berada di dalam air. Hal yang sama terjadi ketika anda mengangkat sebuah benda di dalam air dan di luar air. Benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan dibandingkan beban yang sama diangkat di luar air. Berat beban lebih kecil ketika beban berada di dalam air atau benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan karena adanya gaya apung yang bekerja pada benda tersebut.

Pengertian Gaya Apung

gaya apung 3Gaya apung adalah resultan gaya atau gaya total yang arahnya ke atas yang dikerjakkan oleh fluida pada suatu benda ketika benda berada di dalam fluida tersebut. Fluida adalah zat yang dapat mengalir, misalnya udara dan air.

Rumus Gaya Apung

Ketika sebuah benda berada di dalam air, air yang berada di bagian atas medorong benda ke bawah dan air yang berada di bagian bawah mendorong benda ke atas.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: