Arus listrik

Pengertian arus listrik

Di dalam konduktor seperti tembaga terdapat elektron-elektron yang bergerak bebas secara acak dengan laju tinggi tetapi tidak melepaskan diri dari logam tersebut. Elektron yang dapat bergerak bebas dinamakan elektron bebas. Walaupun elektron-elektron bergerak bebas ke segala arah tetapi tidak ada aliran total elektron-elektron menuju arah tertentu. Kondisi ini terjadi ketika tidak ada beda potensial di antara kedua ujung kawat tembaga.

Ketika kawat dihubungkan dengan sumber listrik maka timbul beda potensial di antara kedua ujung kawat tembaga sehingga memunculkan medan listrik di dalam kawat tembaga. Adanya medan listrik menyebabkan elektron-elektron bebas mengalami gaya listrik F = q E = e E, di mana F = gaya listrik, e = muatan elektron, E = medan listrik. Gaya listrik menyebabkan semua elektron yang sedang bergerak bebas mengalami percepatan bersama yang arahnya sama dengan gaya listrik.

Elektron-elektron bebas yang bergerak bersama ini berada di antara atom-atom yang diam dalam kawat tembaga sehingga semua elekton bertumbukkan dengan atom-atom tersebut. Adanya tumbukan menyebabkan arah gerak elektron bebas berubah. Semua elektron ini selalu mengalami gaya listrik sehingga semua elektron kembali dipercepat ke arah yang sama dengan arah gaya listrik. Setelah bergerak sesaat, elektron-elektron bebas kembali bertumbukan dengan atom-atom dalam kawat tembaga. Tetapi elektron-elektron bebas selalu mengalami gaya listrik sehingga semua elektron kembali dipercepat. Jadi selain bergerak acak ke berbagai arah, semua elektron bebas juga bersama-sama bergerak perlahan searah gaya listrik dan berlawanan arah dengan medan listrik. Arah medan listrik dari potensial listrik tinggi ke potensial listrik rendah, sedangkan elektron bergerak dari potensial rendah ke potensial tinggi. Gerak acak masing-masing elektron bebas mempunyai kelajuan sangat cepat sedangkan gerak bersama elektron-elektron bebas searah gaya listrik mempunyai kelajuan sangat lambat. Gerak bersama elektron-elektron bebas searah gaya listrik ini disebut juga sebagai kelajuan hanyut.

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: