Alat optik mikroskop

Pengertian Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk membantu mata melihat secara jelas benda yang berukuran sangat kecil, di mana benda berukuran sangat kecil tersebut sulit dilihat secara langsung menggunakan mata atau lup.

Terdapat dua jenis mikroskop yakni mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Tulisan ini membahas mikroskop cahaya dan cara kerjanya berkaitan dengan topik optika geometri meliputi pembiasan cahaya, pembentukan bayangan dan perbesaran bayangan suatu benda menggunakan lensa.

Sebelum mempelajari tulisan ini, alangkah baiknya anda pelajari terlebih dahulu ulasan mengenai lup atau kaca pembesar agar anda lebih mudah dan lebih cepat memahami tulisan ini.

Cara Kerja Mikroskop

Mikroskop cahaya sederhana terdiri dari dua lensa cembung. Lensa cembung yang mempunyai jarak lebih dekat dengan benda atau obyek yang diamati, dinamakan lensa obyektif. Lensa cembung yang mempunyai jarak lebih dekat dengan mata pengamat, dinamakan lensa okuler atau lensa mata.

Mikroskop - 1Benda berukuran sangat kecil karenanya walaupun diamati dari titik dekat mata normal berjarak 25 cm, sudut yang terbentuk antara mata dan benda sangat kecil. Karenanya lensa obyektif berfungsi memperbesar bayangan benda dan memperbesar sudut antara mata dengan bayangan benda. Bayangan yang dihasilkan lensa obyektif harus bersifat nyata agar dapat dilihat melalui lensa okuler. Seperti ulasan pada topik bayangan lensa cembung, agar bayangan yang dihasilkan lensa cembung bersifat nyata maka jarak benda (s) harus lebih besar dari panjang fokus. Demikian juga agar bayangan lebih besar dari benda maka jarak benda harus berada di dekat titik fokus lensa obyektif.

Bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif bersifat nyata sehingga bayangan tersebut dapat dianggap sebagai benda oleh lensa okuler. Fungsi lensa okuler adalah memperbesar bayangan nyata yang dihasilkan oleh lensa obyektif menjadi lebih besar. Lensa okuler merupakan lensa cembung karenanya sebagaimana telah dijelaskan pada topik bayangan lensa cembung, agar bayangan yang dihasilkan oleh lensa okuler sangat besar dan tegak maka bayangan tersebut harus bersifat maya.

Perbesaran Total Mikroskop

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: