Alat optik mata

Mata merupakan alat optik yang telah ada pada diri manusia. Adanya mata memungkinkan anda membaca artikel fisika πŸ˜€ atau menatap wajah pacar yang cantik atau ganteng πŸ™‚ Bagaimana jika mata anda tidak berfungsi dengan baik ? Anda tentu saja mengetahui jawaban pertanyaan ini. Jadi bersyukur jika kita masih mempunyai mata yang sehat dan dapat melihat dengan jelas. Manusia yang matanya buta tentu tidak dapat melihat dan mungkin hanya dapat membayangkan keadaan dunia yang kita huni saat ini.

Mempunyai mata yang sehat dan berfungsi dengan baik adalah harapan setiap manusia. Walaupun demikian, kenyataan terkadang tidak sesuai dengan harapan. Sebagian manusia ditakdirkan mengalami gangguan fungsi mata sehingga tidak dapat melihat dengan jelas. Perkembangan ilmu pengetahuan, terutama ilmu fisika, memungkinkan diciptakannya alat bantu penglihatan seperti kaca mata dan lensa kontak.

Tulisan ini mengulas bagaimana cara kerja mata sehingga manusia dapat melihat. Penjelasan mengenai cara kerja mata pada tulisan ini berkaitan dengan topik optika geometri yang meliputi pembiasan cahaya, pemfokusan dan pembentukan bayangan benda oleh mata. Penjelasan yang sangat detail mengenai mata dan cara kerja mata sebagaimana adanya, berada di luar jangkauan tulisan ini. Gangguan fungsi mata, cara kerja lensa kaca mata dan lensa kontak dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

Bagian-Bagian Mata

Alat optik mata - 1Kornea atau selaput mata adalah selaput keras tembus cahaya yang menutupi bagian depan mata. Berkas cahaya yang masuk ke mata lebih banyak dibiaskan oleh kornea.
Pupil atau biji mata adalah bagian berwarna hitam pada mata manusia. Pupil berwarna hitam karenanya menyerap hampir semua cahaya dan hampir tak ada cahaya yang dipantulkan kembali. Pupil merupakan lubang yang dilalui cahaya ke dalam mata. Semakin besar diameter pupil, semakin banyak cahaya yang masuk ke mata dan sebaliknya semakin kecil ukuran pupil, semakin sedikit cahaya yang masuk ke dalam mata.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: