Hukum gravitasi Newton

Mengapa buah jatuh atau bergerak menuju permukaan bumi setelah terlepas dari tangkainya ? Hukum Newton menyatakan bahwa jika buah bergerak maka pasti ada gaya yang bekerja pada buah tersebut. Gaya yang menyebabkan benda  jatuh bebas menuju permukaan bumi disebut gaya gravitasi bumi.

Persoalan benda jatuh yang melibatkan gaya gravitasi, yang anda pelajari saat ini, sudah dipikirkan dan dikaji almahrum Isaac Newton, ilmuwan Inggris. Persoalan yang dipikirkan Newton ini telah ada sejak zaman Yunani kuno. Ada dua persoalan dasar yang telah diselidiki oleh orang Yunani, jauh sebelum Newton lahir.

Persoalan yang selalu dipertanyakan adalah mengapa benda-benda selalu jatuh ke permukaan bumi dan bagaimana gerakan planet-planet, termasuk matahari dan bulan. Orang-orang Yunani pada waktu itu melihat persoalan benda jatuh dan gerakan planet sebagai dua hal yang berbeda. Demikian hal itu berlanjut hingga zaman Newton. Jadi apa yang dihasilkan oleh Newton dibangun di atas hasil karya orang-orang sebelum dirinya. Yang membedakan Newton dan orang-orang sebelumnya adalah Newton memandang persoalan benda jatuh dan gerakan planet disebabkan oleh satu hal saja dan pasti mematuhi hukum yang sama. Dengan kata lain, Newton berpendapat bahwa gaya yang menyebabkan benda jatuh ke permukaan tanah, merupakan gaya yang sama, yang menyebabkan bulan bergerak mengelilingi bumi.

Referensi

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 7)

Materi Pembelajaran :

  1. Hukum Gravitasi Newton
  2. Gaya Berat
  3. Percepatan Gravitasi
  4. Medan Gravitasi dan Kuat Medan Gravitasi

Ebook Hukum Kepler

212.28 KB

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 4)

Materi Pembelajaran :

  1. Sejarah perkembangan ilmu astronomi kuno
  2. Hukum I Kepler
  3. Hukum II Kepler
  4. Hukum III Kepler
  5. Menyelidiki hukum III Kepler secara teoritis
Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Penulis, Netpreneur, Guru. Dari Lembata/Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.