Energi kinetik dan usaha fisika

Materi Energi Kinetik dan Usaha Fisika

Jika terdapat gaya total yang bekerja pada suatu benda maka benda mengalami percepatan (dan perpindahan). Ketika mengalami percepatan, kelajuan benda berubah. Bisa dikatakan bahwa usaha yang dilakukan oleh gaya total mempunyai keterkaitan dengan kelajuan awal dan kelajuan akhir benda.
Usaha yang dilakukan pada suatu benda oleh gaya total konstan :
Usaha (W) total = Resultan gaya (F total) x perpindahan (s)
Hukum II Newton menyatakan bahwa jika terdapat gaya total yang bekerja pada suatu benda maka benda mengalami percepatan.
Usaha (W) total = (m)(a) s
Apabila gaya total konstan maka percepatan yang dialami oleh benda juga konstan. Karenanya kita bisa menggantikan percepatan (a) dan perpindahan (s) dengan persamaan gerak lurus berubah beraturan.
Energi kinetik dan usaha fisika-1Keterangan :
EKt = energi kinetik akhir, EKo = energi kinetik awal, m = massa, vt = kelajuan akhir, vo = kelajuan awal.

Persamaan ini adalah teorema usaha-energi kinetik. Teorema usaha-energi kinetik memberitahu kita bahwa resultan usaha atau usaha yang dilakukan oleh resultan gaya pada suatu benda sama dengan perubahan energi kinetik benda. Teorema usaha-energi kinetik juga memberitahu kita bahwa energi kinetik benda sama dengan usaha total yang dibutuhkan untuk mempercepat benda dari keadaan diam hingga bergerak dengan kelajuan tertentu atau sebaliknya.

Referensi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Beli tulisan Anda, 1 Judul Rp. 50.000. Pelajaran Kimia, Matematika, Biologi SMP/SMA.
Baca Info Selengkapnya

X