Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya – celah tunggal

Pelajari contoh soal interferensi dan difraksi cahaya–celah tunggal, lalu kerjakan soal interferensi dan difraksi cahaya, nomor 5 dan 6.

1. Cahaya yang mempunyai panjang gelombang 700 nm melewati sebuah celah yang mempunyai lebar 0,2 mm. Pola difraksi pada layar berada pada jarak 50 cm dari celah. Tentukan jarak antara garis gelap kedua dan garis terang utama.
PembahasanContoh soal interferensi dan difraksi cahaya - celah tunggal - 1Ditanya : y ?
Jawab :

Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya - celah tunggal - 2Lebar celah sangat kecil dibandingkan jarak antara celah dengan layar (pada gambar lebar celah diperbesar) sehingga sudut sangat kecil. Sudut sangat kecil sehingga nilai sin teta mendekati nilai tangen teta.

Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya - celah tunggal - 3Jarak antara garis terang utama dengan garis gelap kedua adalah 3,5 milimeter.

2. Celah tunggal mempunyai lebar 0,1 mm disinari cahaya monokromatik dan pada layar sejauh 4 meter dari celah, dapat diamati berbagai jalur, terang dan gelap hasil difraksi. Jika jarak antara garis gelap kedua dan garis terang utama adalah 16 mm, tentukan panjang gelombang cahaya tersebut!
Pembahasan

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya dan tidak melihat iklan. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: