Sinar istimewa lensa cembung

Apabila sebuah benda berada di salah satu sisi lensa cembung maka lensa cembung dapat membentuk bayangan benda tersebut. Jika posisi benda di salah satu sisi lensa cembung diketahui, bagaimana cara menggambar pembentukan bayangan benda tersebut ? Untuk memperjelas hal ini, andaikan suatu benda berada di sisi kiri lensa cembung sebagaimana ditunjukkan gambar di bawah.
Keterangan gambar :
Sinar istimewa lensa cembung - 0Garis berwarna orange = lensa cembung
Garis berwarna biru = sumbu lensa
Tanda panah (berwarna hijau) = benda
F1 = panjang fokus 1 dan F2 = panjang fokus 2

Gambar bayangan benda diperoleh dengan menggambar semua berkas cahaya yang melewati benda tetapi hal ini kurang praktis karena akan ada banyak garis-garis yang mewakili berkas cahaya. Untuk mempermudah, dipilih beberapa berkas cahaya saja untuk mewakili semua berkas cahaya yang melewati benda tersebut. Mengingat peristiwa ini melibatkan pembiasan cahaya maka hukum pembiasan cahaya harus dipatuhi ketika menggambar pembentukan bayangan.

Tiga berkas cahaya atau sinar istimewa lensa cembung
Sinar istimewa 1 :
Sinar istimewa lensa cembung - 1Sinar 1 atau berkas cahaya 1 yang datang menuju lensa cembung digambarkan sejajar dengan sumbu lensa dan menyinggung ujung atas benda, lalu dibiaskan oleh lensa cembung di mana berkas cahaya yang dibiaskan tersebut harus melewati titik fokus 2. Sinar datang dan sinar bias yang digambarkan harus memenuhi hukum pembiasan cahaya.

Sinar istimewa 2 :
Sinar istimewa lensa cembung - 2Sinar 2 atau berkas cahaya 2 yang datang menuju lensa cembung digambarkan harus melewati titik fokus 1 dan menyinggung ujung atas benda, lalu dibiaskan oleh lensa cembung di mana berkas cahaya yang dibiaskan harus sejajar sumbu utama. Sinar datang dan sinar bias yang digambarkan harus memenuhi hukum pembiasan cahaya.

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya dan tidak melihat iklan. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: