Tumbukan tidak lenting

Materi Tumbukan tidak lenting

Pada tumbukan lenting sebagian (tumbukan lenting tidak sempurna) berlaku hukum kekekalan momentum sedangkan hukum kekekalan energi kinetik tidak berlaku. Selama terjadi tumbukan, sebagian energi kinetik berubah menjadi energi bunyi, energi panas dan energi dalam. Penggunaan kata lenting menunjukan bahwa setelah bertumbukan kedua benda tidak bergabung menjadi satu atau tidak menempel, tetapi memantul. Contoh tumbukan lenting tidak sempurna adalah tumbukan satu dimensi antara dua kelereng atau dua bola biliard.

Contoh soal.
1. Benda A dan benda B masing-masing bermassa 1 kg dan 2 kg bergerak berlawanan arah dengan kelajuan 4 m/s dan 2 m/s dan bertumbukan lenting tidak sempurna. Jika setelah bertumbukan, benda A bergerak dengan kelajuan 2 m/s, berapa kelajuan benda B ?
Pembahasan
Diketahui :
mA = 1 kg, mB = 2 kg, vA = 4 m/s (misalnya ke kanan), vB = -2 m/s (misalnya ke kiri), vA’ = -2 m/s
Ditanya : vB
Jawab :
Tumbukan-tidak-lenting-1Setelah bertumbukan, benda B bergerak dengan kelajuan 1 m/s (misalnya ke kanan) dan benda A bergerak dengan kelajuan 2 m/s (misalnya ke kiri).

Berburu Kijing/Remis di Lampung Tim...
Berburu Kijing/Remis di Lampung Timur [MANCING LAGI]

Referensi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Kirim artikel pelajaran sekolah karya Anda di website ini dan dapatkan penghasilan tambahan Masuk dengan Akun Google Anda.

X
error: