Kelas XI Ulangan 1 – Dinamika Rotasi

Kelas XI Ulangan 1 - Dinamika Rotasi

Nama Lengkap Alamat Email Nomor HP
1. Gaya F1, F2, F3, dan Fbekerja pada batang ABCD seperti gambar! Jika massa batang diabaikan, maka nilai momen gaya terhadap titik A adalah…..
Pembahasan soal torsi (momen gaya) 2
2. Dua buah bola yang dianggap sebagai partikel dihubungkan dengan seutas tali kawat seperti gambar. Bila massa bola P dan Q masing-masing 600 gram dan 400 gram, maka momen inersia sistem kedua bola terhadap poros AB adalah…
Pembahasan soal momen inersia 1
3. Tali dililitkan pada tepi silinder berongga lalu ujung tali ditarik dengan gaya F sehingga silinder berotasi pada porosnya. Besar gaya tarik F adalah 10 Newton, jari-jari silinder adalah 0,2 meter dan momen inersia silinder adalah 1 kg m2. Tentukan percepatan sudut silinder!
Contoh soal hukum II Newton pada gerak rotasi 2
4. Sebuah katrol dari benda pejal dengan tali yang dililitkan pada sisi luarnya ditampilkan seperti gambar. Gesekan katrol diabaikan. Jika momen inersia katrol I = β dan tali ditarik dengan gaya tetap F, maka nilai F setara dengan….
Pembahasan soal UN fisika SMA MA 2014 - Hukum II Newton pada gerak rotasi 6a
5. Seorang penari balet berputar dengan tangan terentang sepanjang 150 cm dan kecepatan sudut 10 radian/sekon. Lalu penari melipat tangannya menjadi 75 cm sepanjang siku. Berapa kecepatan sudut akhir ?
6. Koordinat titik berat benda pada gambar di bawah adalah…
Titik berat - 6
7. F= 10 N, F= 15 N dan F4 = 10 N, bekerja pada balok ABCD seperti pada gambar. Panjang balok ABCD adalah 20 meter. Tentukan F3 agar balok setimbang statis. Abaikan massa balok.
Kesetimbangan benda tegar - 1