Pembahasan soal lup

1. EBTANAS-SMP-03-11

Ketika benda yang diamati dengan lup pada ruang II, maka akan diperoleh bayangan yang terlihat …

A. jelas

B. samar

C. tak terlihat

D. tidak jelas

Pembahasan

Ruang benda :

Ruang I = antara lensa dan titik fokus

Ruang II = antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan lensa

Ruang III = setelah titik pusat kelengkungan lensa

Pembahasan soal lup 1Lup terbuat dari lensa cembung. Agar mata pengamat dapat melihat bayangan melalui lup maka bayangan harus bersifat maya. Bayangan bersifat maya ketika bayangan berada di depan lup atau berada di sisi yang sama dengan benda, seperti pada gambar di samping. Bayangan bersifat maya karenanya jarak benda (s) harus lebih kecil dari jarak fokus (f). Ketika jarak benda lebih kecil dari jarak fokus, benda terletak di antara lensa dan titik fokus (ruang I).

Jadi dapat disimpulkan bahwa ketika benda yang diamati dengan lup berada pada ruang II maka akan diperoleh bayangan yang terlihat jelas.

Jawaban yang benar adalah A.

2. Soal UN IPA SMP tahun 2011 No. 13 – Lup

Benda diamati dengan lup. Jika pengamat melakukan kegiatan dengan mata tak berakomodasi, maka letak benda yang sesuai adalah…

Pembahasan soal lup 2

Pembahasan

Lup merupakan lensa cembung. Sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah, pada lensa cembung jika jarak benda sama dengan panjang fokus maka bayangan berada pada jarak tak berhingga dan bersifat maya. Bayangan bersifat maya karena bayangan tersebut tidak dilalui berkas cahaya tetapi seolah-olah dilalui berkas cahaya.

Pembahasan soal lup 3Titik jauh mata normal adalah tak berhingga dan ketika mata melihat bayangan maya pada jarak tak berhingga, mata tak berakomodasi atau berakomodasi minimum, di mana otot siliari mata dalam kondisi paling rileks. Untuk mencapai hal ini, jarak antara benda dan lup harus sama dengan jarak fokus lup.

Jawaban yang benar adalah A.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung