Jenis-jenis muatan listrik

Jika anda melakukan percobaan sederhana sebagaimana dijelaskan pada percobaan muatan listrik maka anda mungkin terpesona dengan kenyataan bahwa benda-benda tersebut bisa saling tarik menarik atau tolak menolak. Mengapa batang plastik tolak menolak dengan batang plastik tetapi tarik menarik dengan batang kaca ? Apabila anda menggosok suatu plastik pada rambut kering lalu mendekatkan plastik itu pada potongan-potongan kecil kertas, plastik menarik potongan-potongan kertas tersebut. Mengapa plastik juga bisa menarik potongan-potongan kertas yang pada mulanya tidak digosokkan dengan benda lain ? Anda akan memahami dan bahkan dapat menjelaskan alasan terjadinya fenomena yang dialami kaca, plastik, potongan kertas atau benda lainnya seperti diulas di atas, setelah anda mempelajari topik muatan listrik serta memahami ulasan di bawah.

Jenis Muatan Listrik

Plastik yang digosokkan dengan bulu atau rambut tarik menarik dengan kaca yang digosokkan dengan kain. Plastik dan kaca tarik menarik karenanya plastik dan kaca mempunyai muatan listrik berbeda. Jika suatu benda tolak menolak dengan plastik tetapi tarik menarik dengan kaca maka benda itu mempunyai muatan sejenis dengan muatan pada plastik. Sebaliknya bila suatu benda tolak menolak dengan kaca tetapi tarik menarik dengan plastik maka benda itu mempunyai muatan sejenis dengan muatan pada kaca.

Benyamin Franklin (1706-1790), seorang negarawan dan ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat, menyarankan untuk menamakan kedua jenis muatan ini sebagai muatan positif dan muatan negatif. Selanjutnya beliau menamakan muatan listrik seperti pada kaca sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik sebagai muatan negatif. Benda bermuatan yang tolak menolak dengan kaca bermuatan, pasti bermuatan positif karena muatan sejenis saling tolak menolak. Sebaliknya benda bermuatan yang tarik menarik dengan kaca bermuatan, pasti bermuatan negatif karena muatan tak sejenis saling tarik menarik. Demikian juga benda bermuatan yang tolak menolak dengan plastik bermuatan, pasti bermuatan negatif karena muatan sejenis saling tolak menolak. Sebaliknya benda bermuatan yang tarik menarik dengan plastik bermuatan, pasti bermuatan positif karena muatan tak sejenis saling tarik menarik.

Cara Menjadikan Suatu Benda Bermuatan Listrik

Benda yang pada mulanya netral alias tidak bermuatan listrik dapat dijadikan bermuatan listrik menggunakan beberapa cara, antara lain melalui gesekan alias sentuhan dan melalui induksi alias tanpa sentuhan. Suatu benda yang pada mulanya netral juga dapat bermuatan listrik jika kita menjadikan benda bermuatan listrik dengan cara induksi alias tanpa sentuhan. Penjelasan detail mengenai alasan mengapa kaca menjadi bermuatan positif atau plastik menjadi bermuatan negatif setelah digesekkan dengan benda lain dapat dipelajari pada topik hukum kekekalan muatan listrik.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: