Hukum I Newton

Hukum I Newton menyatakan bahwa setiap benda yang sedang diam akan tetap diam atau setiap benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan jika gaya total alias resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol. Pernyataan matematis dari hukum I Newton :
Hukum-I-Newton-1Perhatikan sebuah benda di sekitar anda, misalnya meja atau batu atau benda lainnya. Meja yang sedang diam akan tetap diam seperti itu jika tidak digerakan atau diberi gaya luar seperti gaya dorong atau gaya tarik. Demikian juga dengan benda lainnya yang sedang diam.

Apakah tidak ada gaya yang bekerja pada meja atau batu atau benda lainnya yang sedang diam ? Ada gaya yang bekerja pada benda tersebut, tetapi jumlah semua gaya yang bekerja pada benda tersebut atau resultan gaya sama dengan nol. Gaya yang bekerja pada benda yang sedang diam adalah gaya berat dan gaya normal. Arah gaya berat adalah tegak lurus ke bawah menuju pusat bumi, arah gaya normal tegak lurus ke atas. Besar kedua gaya ini sama tetapi berlawanan arah karenanya resultan gaya sama dengan nol.

Bagaimana dengan benda yang sedang bergerak lurus beraturan ? Untuk memperjelas persoalan ini, andaikan anda mendorong sebuah benda, misalnya sekeping logam, di atas permukaan lantai. Setelah didorong, keping logam melambat lalu berhenti karena adanya gaya gesek. Agar keping logam bergerak lebih jauh atau bergerak lebih lama maka anda harus melicinkan permukaan lantai dan permukaan keping logam. Semakin licin permukaan lantai dan permukaan keping logam, keping logam bergerak semakin jauh. Andaikan permukaan lantai licin sempurna dan tidak ada gesekan maka keping logam akan terus bergerak dan tidak berhenti. Apakah tidak ada gaya yang bekerja pada keping logam yang bergerak di atas permukaan lantai licin sempurna ? Ada gaya yang bekerja pada keping logam, yakni gaya berat dan gaya normal. Kedua gaya ini bekerja pada arah vertikal dan tidak mempengaruhi gerakan keping logam pada arah horisontal.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: