Contoh soal membuat magnet

14 Contoh Soal Membuat Magnet

1. Contoh soal membuat magnet 1Membuat magnet dengan cara digosok adalah …

Pembahasan
Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan magnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan. Sebaliknya apabila kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub selatan maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub utara.
Jawaban yang benar adalah C.

2. Medan magnet yang terdapat pada solenoida yang diberi arus listrik adalah sama dengan medan magnet yang terdapat pada …
Contoh soal membuat magnet 2A. magnet ladam
B. magnet batang
C. magnet silinder
D. magnet jarum
Pembahasan
Gambar di samping adalah contoh gambar selenoida yang dialiri arus listrik. Selenoida merupakan kumparan kawat yang mempunyai banyak lilitan. Selenoida yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet, di mana kutub magnet dapat diketahui menggunakan kaidah tangan kanan.

Medan magnet yang dihasilkan selenoida mempunyai kutub utara dan selatan, sama seperti medan magnet pada magnet alami. Jika terdapat benda yang dililit oleh selenoida karena benda tersebut hendak dijadikan magnet maka medan magnet benda tersebut sama dengan medan magnet yang dihasilkan selenoida. Jika bentuk benda berupa silinder maka benda tersebut menjadi magnet silinder. Jika bentuk benda berupa batang maka benda tersebut menjadi magnet batang. Pembuatan magnet dengan cara seperti ini disebut pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik.

Jadi medan magnet yang terdapat pada solenoida yang diberi arus listrik adalah sama dengan medan magnet yang terdapat pada magnet batang atau magnet silinder.
Jawaban yang benar adalah B dan C.

3. Contoh soal membuat magnet 3Berdasarkan gambar berikut dapat ditentukan bahwa …
A. A kutub Utara, B kutub Utara
B. A kutub Selatan, B kutub Utara
C. A kutub Selatan, B kutub Selatan
D. A kutub Utara, B kutub Utara
Pembahasan
Arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah. Amati gambar simbol baterai/ggl, potensial tinggi diwakili garis lebih panjang sedangkan potensial rendah diwakili garis yang lebih pendek.
Gunakan kaidah tangan kanan untuk arah kuat arus listrik dan arah medan listrik. Rentangkan tangan kanan, telapak tangan terbuka, lalu tegakkan ibu jari dan tekuk keempat jari lainnya. Arah tekukan keempat jari sama dengan arah arus listrik dan arah ibu jari sama dengan arah kutub utara medan magnet. Jadi kutub utara = B dan kutub selatan = A.
Jawaban yang benar adalah B.

4. Perhatikan gambar kumparan berikut ini!
Cara membuat magnet ini dan kutub yang diberi tanda X adalah …
Contoh soal membuat magnet 4A. magnet induksi, kutub U
B. elektromagnet, kutub U
C. magnet induksi, kutub S
D. elektromagnet, kutub S
Pembahasan
Gambar di atas menunjukkan pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik. Arah tanda panah = arah arus listrik. Kutub magnet diketahui menggunakan aturan tangan kanan.
Rentangkan tangan kanan lalu posisikan agar telapak tangan menghadap ke langit, tegakkan ibu jari dan tekukkan keempat jari yang lain. Arah keempat jari yang ditekukan = arah arus listrik dan arah ibu jari = arah kutub utara medan magnet = kutub X.
Jawaban yang benar adalah B.

5. Sebatang besi dapat dimagnetkan dengan cara berikut, kecuali …
A. mendekatkan besi ke magnet
B. menggosok besi dengan magnet
C. memanaskan besi yang menempel pada magnet
D. mengalirkan arus listrik pada besi
Pembahasan
Ada tiga cara membuat besi menjadi magnet yakni mendekatkan besi ke magnet (cara induksi), menggosok besi dengan magnet dan mengalirkan arus listrik pada besi. Ketiga cara ini dijelaskan mendetail pada pembahasan soal nomor terakhir.
Jawaban yang benar adalah C.

6. Jelaskan 3 cara membuat magnet!
Pembahasan
Contoh soal membuat magnet 51. Menggosok besi dengan magnet
Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan msagnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan. Sebaliknya apabila kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub selatan maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub utara.

2. Mendekatkan besi ke magnet (cara induksi)
Contoh soal membuat magnet 6Pembuatan magnet dengan cara induksi dilakukan dengan mendekatkan benda yang hendak dijadikan magnet dengan benda yang telah menjadi magnet, tanpa menyentuhkan kedua benda tersebut. Jika salah satu ujung benda didekatkan dengan kutub utara magnet maka ujung benda tersebut menjadi kutub selatan. Sebaliknya jika ujung benda didekatkan dengan kutub selatan maka ujung benda tersebut menjadi kutub utara.

3. Mengalirkan arus listrik pada besi
Proses pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik tampak seperti gambar di samping. Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Letakan tangan kanan tegak di depan wajah anda; telapak tangan kanan dalam posisi tegak menghadap wajah anda. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus pada lilitan kawat dan arah ibu jari ke kanan sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara menuju kutub selatan. Jadi pada gambar C, ujung B merupakan kutub utara magnet dan ujung A merupakan kuutb selatan magnet.

7. Batang besi akan dibuat menjadi magnet dengan cara seperti gambar dibawah ini.
Kutub-kutub magnet yang terjadi pada batang besi adalah….
Contoh soal membuat magnet 7A. A = kutub Utara, B = kutub Utara
B. A = kutub Selatan, B = kutub Selatan
C. A = kutub Utara, B = kutub Selatan
D. A = kutub Selatan, B = kutub Utara
Pembahasan
Gambar di atas menunjukkan pembuatan magnet dengan cara menggosok.
Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan magnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok.
Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan. Sebaliknya apabila kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub selatan maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub utara.
Pada gambar di atas, kutub selatan digunakan untuk menggosok sehingga B = kutub utara dan A = kutub selatan.
Jawaban yang benar adalah D.

8. Perhatikan gambar!

Contoh soal membuat magnet 8

AB menjadi magnet dengan data sebagai berikut…..

Contoh soal membuat magnet 9

Pembahasan
Gambar di atas merupakan pembuatan baja menjadi magnet dengan cara dialiri arus listrik. Baja merupakan bahan magnet keras yang jika menjadi magnet akan bersifat permanen atau tetap. Sedangkan besi, misalnya, merupakan contoh bahan magnet lunak yang bila menjadi magnet akan bersifat sementara.

Berdasarkan gambar di atas, arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah (dari kiri ke kanan). Kutub magnet diketahui menggunakan aturan tangan kanan. Rentangkan tangan kanan, posisikan agar telapak tangan kanan menghadap ke wajah. Tegakkan ibu jari dan tekuk keempat jari lainnya ke depan menuju wajah. Arah tekukan keempat jari sama dengan arah aliran arus listrik pada kumparan, sedangkan ibu jari menunjuk ke arah kutub utara medan magnet. Ibu jari menujuk ke arah B sehingga B merupakan kutub utara magnet dan A merupakan kutub selatan magnet.
Jawaban yang benar adalah C.

9. Perhatikan elektromagnet dan magnet O – P seperti gambar berikut

Contoh soal membuat magnet 10

Jika antara N dan O tolak menolak, M –N – O – P berturut-turut adalah kutub magnet…
A. U-S-U-S
B. S-U-U-S
C. U-S-S-U
D. S-U-S-U
Pembahasan
Gambar di sebelah kiri adalah pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik. Berdasarkan gambar, arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah (dari kiri kumparan ke kanan kumparan). Arah medan magnet yang dihasilkan dan arah kutub magnet dapat diketahui menggunakan kaidah tangan kanan.
Rentangkan tangan kanan, posisikan agar telapak tangan kanan menghadap ke wajah. Tegakkan ibu jari dan tekuk keempat jari lainnya ke depan menuju wajah. Arah tekukan keempat jari sama dengan arah aliran arus listrik pada kumparan, sedangkan ibu jari menunjuk ke arah kutub utara medan magnet. Ibu jari menujuk ke arah N sehingga N merupakan kutub utara magnet dan M merupakan kutub selatan magnet. N dan O tolak menolak karenanya N dan O mempunyai kutub yang sama, yakni kutub utara. Jika O merupakan kutub utara maka P merupakan kutub selatan.
Berdasarkan penjelasan di atas disimpulkan bahwa :
M = kutub selatan (S)
N = kutub utara (U)
O = kutub utara (U)
P = kutub selatan (S)
Jawaban yang benar adalah B.

10. Perhatikan gambar berikut! Proses pembuatan magnet PQ di samping menghasilkan sifat dan kutub magnet adalah…..
Contoh soal membuat magnet 12A. Sementara, P kutub selatan dan Q kutub utara
B. Sementara, P kutub utara dan Q kutub selatan
C. Tetap, P kutub utara dan Q kutub selatan
D. Tetap, P kutub selatan dan Q kutub utara
Pembahasan
Gambar di atas menunjukkan pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik. Logam yang akan dijadikan magnet adalah baja. Baja termasuk bahan magnet keras yang jika dijadikan magnet maka baja menjadi magnet permanen atau tetap.
Berdasarkan gambar di atas, arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah (dari kiri kumparan ke kanan kumparan).
Kutub magnet diketahui menggunakan kaidah tangan kanan. Rentangkan tangan kanan, posisikan agar telapak tangan kanan menghadap ke wajah. Tegakkan ibu jari dan tekuk keempat jari lainnya ke depan menuju wajah. Arah tekukan keempat jari sama dengan arah aliran arus listrik pada kumparan, sedangkan ibu jari menunjuk ke arah kutub utara medan magnet. Ibu jari menujuk ke arah Q sehingga Q merupakan kutub utara magnet dan P merupakan kutub selatan magnet.
Jawaban yang benar adalah D.

11.

Contoh soal membuat magnet 13Jika balok AB, CD dan EF terbuat dari besi, yang terjadi….

A. E kutub selatan dan C kutub utara
B. B kutub utara dan C kutub selatan
C. D kutub selatan dan F kutub selatan
D. A kutub utara dan E kutub utara

Pembahasan

Perhatikan gambar baja PQ yang dililiti kawat berarus listrik. Gambar itu menunjukkan proses pembuatan magnet dengan cara benda dialiri arus listrik. Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Letakkan tangan kanan tegak di depan wajah anda; telapak tangan kanan dalam posisi tegak menghadap wajah anda. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus pada lilitan kawat dan arah ibu jari ke kanan sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan. Jadi Q merupakan kutub utara dan P merupakan kutub selatan.

Jika baja PQ digantikan oleh batang besi EF, AB, CD maka posisi P digantikan oleh E, A, C dan posisi Q digantikan oleh F, B, D.
Q merupakan kutub utara sehingga F, B, D juga merupakan kutub utara.
P merupakan kutub selatan sehingga E, A, C juga merupakan kutub selatan.

Jawaban yang benar adalah B.

12. Perhatikan cara pembuatan magnet seperti gambar berikut!
Contoh soal membuat magnet 16Ujung-ujung besi F, G, dan I berturut-turut menjadi kutub magnet….

A. U, U, dan S
B. S, S, dan U
C. U, S, dan S
D. S, U, dan U

Pembahasan
Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Letakkan tangan kanan tegak di depan ajah anda; punggung tangan kanan dalam posisi tegak menghadap wajah anda. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus listrik pada lilitan kawat dan arah ibu jari ke kiri sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan. Jadi ujung kiri baja merupakan kutub utara dan ujung kanan baja merupakan kutub selatan.

Jika baja digantikan oleh batang besi EF, GH dan IJ maka posisi ujung kiri baja digantikan oleh E, G, I dan posisi ujung kanan baja digantikan oleh F, H, J.
Ujung kiri baja merupakan kutub utara sehingga E, G, I juga merupakan kutub utara.
Ujung kanan baja merupakan kutub selatan sehingga F, H, J juga merupakan kutub selatan.

F merupakan kutub selatan, G merupakan kutub utara dan I merupakan kutub utara.
Jawaban yang benar adalah D.

13. Perhatikan gambar pembuatan berikut!
Kutub-kutub magnet yang terbentuk pada pembuatan magnet tersebut yang benar adalah….
Contoh soal membuat magnet 18A. A kutub selatan, C kutub utara, dan E kutub utara
B. B kutub utara, D kutub utara, dan E kutub utara
C. B kutub utara, D kutub utara, dan F kutub utara
D. C kutub utara, B kutub selatan, dan D kutub selatan
Pembahasan
Terapkan kaidah tangan kanan pada batang baja PQ. Q merupakan kutub utara dan P merupakan kutub selatan. Jika baja digantikan oleh batang besi EF, AB dan CD maka posisi P digantikan oleh E, A, C dan posisi Q digantikan oleh F, B, D.
P merupakan kutub selatan sehingga E, A, C merupakan kutub selatan.
Q merupakan kutub utara sehingga F, B, D juga merupakan kutub utara.

Jawaban yang benar adalah C.

14. Perhatikan gambar!

Contoh soal membuat magnet 19

Batang besi A-B menjadi magnet saat disentuh magnet baja P-Q. Proses pembuatan magnet baja P-Q yang benar adalah…

Contoh soal membuat magnet 20

Pembahasan

Batang besi A-B, A = kutub utara dan B = kutub selatan.

Magnet baja P-Q, Q = kutub selatan dan P = kutub utara

Gambar itu menunjukkan proses pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik. Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus pada lilitan kawat dan arah ibu jari sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan. Kutub utara berada di P dan kutub selatan berada di Q. Arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke rendah.

Jawaban yang benar adalah B.

Sumber soal:

Soal UN IPA SMP/MTs

Alexsander San Lohat

Sarjana Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Guru Fisika di SMAN 2 Nubatukan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.