Hukum Hooke

Jika anda menarik karet gelang atau karet ban sampai batas tertentu, karet tersebut bertambah panjang. Setelah tarikanmu dilepaskan, panjang karet kembali seperti semula. Demikian juga ketika anda merentangkan pegas, pegas tersebut bertambah panjang. Setelah dilepaskan, panjang pegas kembali seperti semula. Pegas atau karet bertambah panjang ketika ditarik dan panjangnya kembali seperti semula setelah tarikan dilepaskan karena pegas atau karet bersifat elastis. Elastis atau elastisitas adalah kemampuan sebuah benda untuk kembali ke bentuknya semula ketika gaya yang diberikan pada benda tersebut dihilangkan.

Pernah mengunyah permen karet ? Jika permen karet ditarik menggunakan kedua tangan anda, permen karet bertambah panjang. Setelah tarikanmu dilepaskan, bentuk permen karet tetap seperti itu atau panjang permen karet tidak kembali seperti semula. Demikian juga plastisin, tanah liat dll. Benda-benda seperti permen karet, plastisin dan tanah liat disebut sebagai benda plastis. Benda elastis seperti pegas juga bisa berubah menjadi plastis jika ditarik dengan gaya yang besar dan melewati batas elastisnya.

Jika pegas ditarik ke kanan maka pegas akan meregang dan bertambah panjang (gambar 1). Jika gaya tarik tidak sangat besar, ditemukan bahwa pertambahan panjang pegas sebanding dengan besar gaya tarik (F). Dengan kata lain, semakin besar gaya tarik, semakin besar pertambahan panjang pegas. Perbandingan besar gaya tarik (F) terhadap pertambahan panjang pegas bernilai konstan.

Perbandingan antara gaya (F) terhadap pertambahan panjang pegas bernilai konstan, yang ditandai oleh kemiringan grafik yang sama (gambar 2).

k merupakan konstanta pegas atau koofisien elastisitas pegas atau ukuran kelenturan pegas. Hubungan ini pertama kali diamati oleh Robert Hooke (1635 – 1703) pada tahun 1678, karenanya dikenal sebagai hukum Hooke.

Jika besar gaya yang dikerjakan pada pegas melewati batas elastisitas pegas maka setelah gaya dihilangkan panjang pegas tidak kembali seperti semula. Hukum hooke hanya berlaku hingga batas elastisitas. Batas elastisitas pegas merupakan gaya maksimum yang dapat diberikan pada pegas sebelum pegas berubah bentuk secara tetap dan panjang pegas tidak dapat kembali seperti semula. Jika besar gaya terus bertambah maka pegas rusak.

Download Ebook Hukum Hooke

146.12 KB 3878 downloads

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 5)

Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian elastisitas
  2. Hukum Hooke untuk pegas
  3. Hukum Hooke untuk benda non pegas
  4. Susunan seri dan paralel pegas

Leave a Reply