Pemantulan gelombang

Pengertian Pemantulan dan Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu ciri gelombang adalah mengalami pemantulan. Gelombang air laut yang merambat di laut apabila menabrak batu maka gelombang tersebut berbalik arah, demikian juga gelombang air di dalam bak air ketika menemui dinding maka gelombang air berbalik arah menuju arah datang.

Contoh pemantulan yang dialami gelombang bunyi adalah gaung dan gema. Gaung terjadi ketika bunyi dipantulkan ketika sumber bunyi masih berbunyi. Biasanya gaung terjadi dalam ruang tertutup. Sedangkan gema terjadi ketika bunyi dipantulkan setelah sumber bunyi tidak berbunyi. Gema biasanya terjadi di luar ruangan dan tidak mengganggu, tetapi gaung biasanya mengganggu karena misalkan ketika seorang sedang berbicara di dalam ruang tertutup, pantulan suara orang tersebut oleh dinding tembok menyebabkan pembicaraan orang tersebut menjadi kabur. Untuk mengatasi hal ini, biasanya di dinding ruang tertutup seperti auditorium atau studio musik dipasang bahan peredam getaran udara yang menghantarkan bunyi, sehingga bunyi tidak dipantulkan.

Gelombang yang merambat di tali, senar atau dawai juga mengalami pemantulan. Misalkan gelombang pada senar gitar yang dimainkan seorang gitaris, setelah merambat sepanjang senar akan dipantulkan ketika tiba di simpul.

Ketika merambat gelombang membawa energi sehingga jika gelombang dipantulkan setelah menemui penghalang, sebagian energi diteruskan ke penghalang dan sebagian lagi dipantulkan kembali. Ketika gelombang bunyi menabrak tembok, sebagian energi bunyi diserap oleh tembok dan sebagian lagi dipantulkan. Demikian juga ketika gelombang air laut menabrak batu atau kapal, sebagian energi diteruskan ke batu atau kapal yang ditabrak gelombang, sebagian lagi dipantulkan.

Hukum Pemantulan

Sebelum memahami hukum pemantulan, terlebih dahulu pelajari pengertian Sinar dan Muka Gelombang. Ketika menggambar gelombang dua atau tiga dimensi, digunakan konsep muka gelombang. Gelombang yang merambat pada tali atau senar merupakan gelombang satu dimensi, gelombang yang merambat pada permukaan air merupakan gelombang dua dimensi, gelombang yang merambat di dalam ruang seperti gelombang bunyi merupakan gelombang tiga dimensi.

Pemantulan gelombang 1

Muka gelombang mewakili gelombang dua atau tiga dimensi yang merambat, sedangkan Sinar adalah garis yang tegak lurus muka gelombang.

Hukum Pantulan menyatakan bahwa sudut datang sama dengan sudut pantul, sebagaimana diilustrasikan pada gambar di bawah. Sudut datang = sudut antara sinar datang dan garis putus-putus tegak lurus permukaan pantulan. Sudut pantul = sudut antara sinar pantul dan garis putus-putus tegak lurus permukaan pantulan.

Pemantulan gelombang 2

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page