Kesetimbangan termal

Pernah minum es teh ? Es teh dibuat dengan mencampur air teh panas dan es. Setelah diaduk atau didiamkan selama beberapa detik atau beberapa menit, campuran air teh panas dan es berubah menjadi es teh yang sejuk. Air teh panas mempunyai suhu lebih tinggi, sedangkan es mempunyai suhu lebih rendah. Ketika air teh panas dicampur dengan es dalam sebuah wadah seperti gelas, sebagian panas dari air panas berpindah ke es hingga suhu es teh menjadi lebih rendah dari suhu air panas dan lebih tinggi dari suhu es.

Pernah mandi menggunakan air hangat ? Air hangat yang digunakan untuk mandi juga bisa diperoleh dengan mencampur air panas yang mempunyai suhu lebih tinggi dengan air dingin yang mempunyai suhu lebih rendah. Setelah didiamkan selama beberapa saat, campuran air panas dan air dingin berubah menjadi air hangat. Suhu air hangat (campuran air panas dan air dingin) tentu saja lebih rendah dari suhu air panas dan lebih tinggi dari suhu air dingin.

Ketika benda bersuhu tinggi bersentuhan dengan benda bersuhu rendah, sebagian panas dari benda bersuhu tinggi berpindah menuju benda bersuhu rendah hingga kedua benda mencapai suhu yang sama. Pada saat air teh panas bersentuhan dengan es, sebagian panas dari air teh berpindah menuju es. Perpindahan kalor berhenti setelah campuran air teh panas dan es mencapai suhu yang sama. Ketika campuran air teh panas dan es mencapai suhu yang sama maka campuran air teh dan es berada dalam kesetimbangan termal. Demikian juga ketika air panas bersentuhan dengan air dingin, sebagian panas berpindah dari air panas menuju air dingin. Perpindahan panas berhenti setelah campuran air panas dan air dingin berubah menjadi air hangat. Pada saat semua air berubah menjadi hangat, semua air telah mencapai suhu yang sama. Ketika campuran air panas dan air dingin mencapai suhu yang sama maka campuran air panas dan air dingin berada dalam kesetimbangan termal.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: