Contoh soal perpindahan kalor secara konveksi

1. Jelaskan menggunakan contoh, pengertian perpindahan kalor secara konveksi ?
Pembahasan
Perpindahan kalor secara konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan benda. Misalnya tinjau air dalam wadah aluminium dipanaskan menggunakan kompor. Pada mulanya kalor berpindah secara konduksi dan radiasi dari api ke wadah aluminium, setelah itu kalor berpindah secara konduksi dari wadah aluminium ke air.
Perpindahan kalor secara konveksi dimulai ketika air yang berada dekat dengan wadah aluminium menerima tambahan kalor sehingga suhunya bertambah lalu memuai. Karena memuai maka kerapatan (massa jenis) berkurang sehingga air ini mengapung ke permukaan. Posisi air ini digantikan oleh air yang suhunya lebih rendah dan kerapatannya lebih besar. Proses ini berlangsung terus menerus sehingga timbul aliran konveksi air dalam wadah tersebut. Proses terhenti setelah semua air mencapai suhu sama atau ketika air mendidih.
Contoh lain adalah terjadinya angin. Angin adalah udara yang bergerak. Udara bergerak agar kalor bisa berpindah dari bagian udara bersuhu tinggi ke bagian udara bersuhu rendah.

2. Mungkinkah perpindahan kalor secara konveksi terjadi antara atom/molekul zat padat ?
Pembahasan
Perpindahan kalor secara konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan materi, misalnya perpindahan udara dan perpindahan air laut. Udara yang berpindah disebut angin. Ketika udara berpindah, kalor juga berpindah bersama udara tersebut.
Perpindahan kalor secara konveksi hanya terjadi pada zat yang dapat mengalir, yang disebut sebagai fluida. Zat yang dapat mengalir adalah zat cair dan zat gas, sedangkan zat padat tidak dapat mengalir.

3. Perpindahan kalor secara konveksi bisa terjadi secara alamiah dan buatan. Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh!
Pembahasan
Contoh perpindahan kalor secara konveksi yang terjadi secara alamiah adalah proses terjadinya angin (misalnya angin darat dan angin laut), proses terjadinya air panas, asap api yang selalu bergerak ke atas, dll.
Contoh perpindahan kalor secara konveksi hasil buatan manusia adalah perpindahan asap melalui cerobong, perpindahan air dalam alat penyedia air panas, alat peniup rambut, dll.

(Jumlah halaman : 15)

Materi Pembahasan Soal :

  1. Contoh soal kalibrasi termometer
  2. Contoh soal konversi skala suhu
  3. Contoh soal pemuaian panjang
  4. Contoh soal pemuaian luas
  5. Contoh soal pemuaian volume
  6. Contoh soal kalor
  7. Contoh soal tara kalor mekanik
  8. Contoh soal kalor jenis dan kapasitas kalor
  9. Contoh soal kalor laten, kalor lebur, kalor uap
  10. Contoh soal perpindahan kalor secara konveksi
  11. Contoh soal perpindahan kalor secara konduksi
  12. Contoh soal perpindahan kalor secara radiasi
  13. Contoh soal asas Black
Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

error: