Contoh soal magnet

16 contoh soal magnet

1. Jika sepotong magnet dipotong-potong menjadi 3 bagian sama panjang, maka kutub-kutub yang benar dari potongan magnet tersebut adalah…

Contoh soal magnet 1

Pembahasan

Sebuah magnet mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan selatan. Jika magnet tersebut dipotong menjadi dua bagian, maka masing-masing magnet tersebut tetap mempunyai kutub utara dan selatan. Apabila magnet dipotong menjadi tiga bagian maka masing-masing dari ketiga magnet tersebut mempunyai kutub utara dan kutub selatan.

Jawaban yang benar adalah B.

2. Kelompok bahan yang bersifat non magnetik adalah …

A. baja dan besi

B. baja dan seng

C. alumunium dan besi

D. alumunium dan seng

Pembahasan

Benda magnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan gaya tarik yang kuat. Misalnya besi, baja, nikel. Benda non magnetik dikelompokkan menjadi paramagnetik dan diamagnetik. Benda paramagnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet tetapi gaya tarik magnet lemah. Misalnya aluminium, tembaga. Benda diamagnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Misalnya seng, emas, merkuri.

Jawaban yang benar adalah D.

3. Yang dimaksud dengan medan magnet adalah …

A. daerah yang berada di luar pengaruh gaya magnet

B. daerah yang berada di kedua ujung magnet

C. daerah yang berada dalam pengaruh gaya magnet

D. daerah yang berada di antara kedua kutub magnet

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah C.

4. Perhatikan gambar kedua magnet berikut. Jika kutub B dan kutub C didekatkan terjadi tarik menarik, maka pernyataan yang tepat adalah …

A. A kutub utara dan C kutub utaraContoh soal magnet 4

B. A kutub utara dan D kutub utara

C. A kutub selatan dan D kutub selatan

D. A kutub utara dan B kutub utara

Pembahasan

Apabila kutub B dan kutub C saling tarik menarik maka kutub B dan C merupakan kutub tak sejenis. Diandaikan A kutub utara maka B kutub selatan. Karena kutub B tarik menarik dengan kutub C maka kutub C merupakan kutub utara dan kutub D merupakan kutub selatan.

Jawaban yang benar adalah A.

5. Bila magnet yang digantung didekati magnet lainnya, manakah gambar yang paling benar?

PembahasanContoh soal magnet 5

Keterangan gambar :

U = kutub utara magnet, S = kutub selatan magnet

Kutub magnet sejenis tolak menolak dan kutub magnet tak sejenis tarik menarik.

Jawaban yang benar adalah B.

6. Arah garis gaya magnet antara dua kutub magnet adalah …

Contoh soal magnet 6

Pembahasan

Soal kabur sehingga tidak bisa diselesaikan.

7. Benda yang ditarik kuat oleh magnet yaitu …

A. paramagnetik

B. ferromagnetik

C. diamagnetik

D. elektromagnetik

Pembahasan

Benda magnetik atau ferromagnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan gaya tarik yang kuat. Misalnya besi, baja, nikel, kobal. Benda non magnetik dikelompokkan menjadi paramagnetik dan diamagnetik. Benda paramagnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet tetapi gaya tarik magnet lemah. Misalnya aluminium, tembaga. Benda diamagnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Misalnya seng, emas, merkuri.

Jawaban yang benar adalah B.

8. Kelompok benda berikut yang tergolong benda magnet adalah …

A. besi, baja, tembaga

B. besi, baja, kaca

C. besi, nikel, kaca

D. besi, baja, kobal

Pembahasan

Benda magnetik atau ferromagnetik adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan gaya tarik yang kuat. Misalnya besi, baja, nikel, kobal.

Jawaban yang benar adalah D.

9. Perhatikan gambar! Kedua paku ini menjadi batang magnet setelah didekatkan dengan magnet, maka kutub-kutub paku AB dan paku CD adalah …

A. A = Selatan, B = Utara, C = Selatan, D = UtaraContoh soal magnet 7

B. A = Utara, B = Selatan, C = Utara, D = Selatan

C. A = Selatan, B = Utara, C = Utara, D = Selatan

D. A = Utara, B = Selatan, C = Selatan, D = Utara

Pembahasan

Magnet mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan kutub selatan. Kutub tak sejenis saling tarik menarik (kutub utara dan kutub selatan saling tarik menarik). Sebaliknya kutub sejenis tolak menolak (kutub utara tolak menolak dengan kutub utara dan kutub selatan tolak menolak dengan kutub selatan).

Berdasarkan penjelasan di atas maka disimpulkan :

A = kutub utara, B = kutub selatan, C = kutub utara, D = kutub selatan.

Jawaban yang benar adalah B.

10. Penyebab jarum kompas selalu menunjuk Utara dan Selatan bumi adalah …

A. adanya gaya tarik menarik antara jarum kompas dengan magnet bumi

B. karena jarum kompas merupakan magnet kecil yang mudah bergerak

C. karena kompas sebagai petunjuk arah utara dan selatan bumi

D. karena magnet jarum kompas sangat lentur sehingga mudah ditarik

Pembahasan

Jarum kompas merupakan magnet jarum yang mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan selatan. Kutub utara jarum kompas selalu menunjuk ke arah utara geografis bumi, sedangkan kutub selatan jarum kompas selalu menunjuk ke arah selatan geografis bumi.

Kutub utara dan selatan dari dua magnet yang berbeda biasanya saling tarik menarik, sehingga disimpulkan bahwa kutub utara magnet jarum kompas pasti ditarik oleh kutub selatan magnet bumi dan kutub selatan magnet jarum kompas pasti ditarik oleh kutub utara magnet bumi. Karena kutub utara magnet jarum kompas menunjuk ke arah utara geografis bumi maka dapat disimpulkan bahwa kutub selatan magnet bumi berada di utara geografis bumi dan kutub utara magnet bumi berada di selatan geografis bumi. Perlu diketahui bahwa kutub selatan magnet bumi tidak berhimpit dengan kutub utara geografis bumi, tetapi berjarak sekira 1300 kilometer dari kutub utara geografis.

Jawaban yang benar adalah A.

11. Pada gambar berikut yang merupakan sudut inklinasi adalah …

A. 1Contoh soal magnet 8

B. 2

C. 3

D. 4

Pembahasan

Sudut inklinasi adalah sudut antara kutub utara jarum kompas dengan bidang horisontal. Pada gambar, sudut inklinasi ditunjukkan oleh nomor 1.

Sedangkan sudut deklinasi (simpangan magnetik) adalah sudut antara kutub utara magnet jarum kompas dengan kutub utara geografis bumi atau sudut antara kutub selatan magnet jarum kompas dengan kutub selatan geografis bumi. Pada gambar, sudut deklinasi ditunjukkan oleh nomor 2.

Jawaban yang benar adalah A.

12. Perbedaan inklinasi dengan deklinasi adalah …

Contoh soal magnet 9

Pembahasan soal medan magnet bumi 3

Pembahasan

Sudut inklinasi adalah sudut antara jarum kompas dengan garis horisontal.

Sudut deklinasi (simpangan magnetik) adalah sudut antara kutub utara magnet jarum kompas dengan kutub utara geografis bumi atau sudut antara kutub selatan magnet jarum kompas dengan kutub selatan geografis bumi.

Jawaban yang benar adalah C.

13. Di bawah ini merupakan alasan mengapa kutub utara magnet selalu menunjukan arah utara kutub bumi!

A. di sekitar kutub utara bumi ada kutub utara magnet bumi

B. di sekitar kutub utara bumi ada kutub selatan magnet bumi

C. tepat di kutub utara bumi ada kutub utara magnet bumi

D. tepat di kutub utara bumi ada kutub selatan magnet bumi

Pembahasan

Bumi mempunyai dua kutub geografis yakni kutub utara dan kutub selatan. Perlu diketahui bahwa bumi juga merupakan sebuah magnet yang mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet bumi dan kutub geografis bumi tidak saling berhimpitan. Kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara geografis bumi, sedangkan kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub selatan geografis bumi.

Kutub utara magnet jarum kompas selalu menunjuk ke kutub selatan magnet bumi (di sekitar kutub utara geografis bumi) dan kutub selatan magnet jarum kompas selalu menunjuk ke kutub utara magnet bumi (di sekitar kutub selatan geografis bumi).

Jawaban yang benar adalah B.

Contoh soal magnet 1014. Batang besi P-Q ikut menjadi magnet dengan jenis kutub seperti pada gambar, karena didekatkan dengan batang baja A-B yang merupakan magnet buatan. Gambar berikut menunjukkan cara pembuatan magnet batang P-Q yang benar adalah…
Contoh soal magnet 11
Contoh soal magnet 12

Pembahasan

Terdapat 3 cara membuat besi menjadi magnet, yakni menggosok, induksi dan dialiri arus listrik.

Pembuatan magnet dengan cara induksi
Pembuatan magnet dengan cara induksi dilakukan dengan mendekatkan benda yang hendak dijadikan magnet dengan benda yang telah menjadi magnet, tanpa menyentuhkan kedua benda tersebut. Jika salah satu ujung benda didekatkan dengan kutub utara magnet maka ujung benda tersebut menjadi kutub selatan. Sebaliknya jika ujung benda didekatkan dengan kutub selatan maka ujung benda tersebut menjadi kutub utara. Contoh pembuatan magnet dengan cara induksi ditunjukkan pada gambar batang besi dan magnet batang baja di atas tiang penyanggah. Pada gambar tersebut, ujung Q batang besi didekatkan dengan kutub selatan magnet baja karenanya ujung Q batang besi berubah menjadi kutub utara dan ujung P batang besi menjadi kutub selatan.

Pembuatan magnet dengan cara menggosok 

Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan magnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan. Sebaliknya apabila kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub selatan maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub utara. Jawaban A dan B salah karena penggosokan tidak dilakukan pada satu arah.

Pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik
Proses pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik tampak seperti gambar pada jawaban C dan D. Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Amati gambar C. Letakan tangan kanan tegak di depan wajah anda; telapak tangan kanan dalam posisi tegak menghadap wajah anda. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus pada lilitan kawat dan arah ibu jari ke kanan sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara menuju kutub selatan. Jadi pada gambar C, ujung Q merupakan kutub utara magnet.
Pada gambar D, kutub utara magnet berada di ujung P karena arah arus yang melalui lilitan kawat berlawanan dengan pada gambar C. Arah arus juga digambarkan salah karena arus seharusnya bergerak dari potensial tinggi ke rendah, bukan sebaliknya.
Jawaban yang benar adalah C.

15. Perhatikan gambar berikut! Saat batang besi A-B didekatkan dengan batang P-Q, timbul kutub-kutub magnet seperti pada gambar.

 Contoh soal magnet 13

Jika batang P-Q merupakan magnet buatan, gambar di bawah ini yang menunjukkan proses pembuatan magnet pada batang P-Q yang benar adalah…

 Contoh soal magnet 14

Contoh soal magnet 15

Pembahasan

Pada proses pembuatan batang besi P-Q menjadi magnet dengan cara induksi, ujung P berdekatan dengan kutub utara magnet A-B sehingga P menjadi kutub selatan.

Pada jawaban A, magnet digosokkan pada satu arah dari kiri ke kanan dan kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara. Ujung akhir benda yang digosok yakni P menjadi kutub selatan.

Pada jawaban B, magnet digosokkan pada satu arah dari kanan ke kiri dan kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara. Ujung akhir benda yang digosok yakni Q menjadi kutub selatan.

Pada jawaban C dan D, magnet tidak digosokkan pada satu arah.

Jawaban yang benar adalah A.

16. Magnet jarum berada di antara dua magnet batang. Posisi magnet jarum dan magnet batang yang benar adalah…

Pembahasan soal UN fisika SMP MTs tahun 2015 - 36

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah D.

 

Sumber soal:

Soal UN IPA SMP/MTs

Alexsander San Lohat

Sarjana Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Guru Fisika di SMAN 2 Nubatukan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tinggalkan Balasan