Hukum Pascal

Sebelum mempelajari hukum Pascal, terlebih dahulu anda lakukan percobaan untuk membedakan tekanan zat cair pada wadah tertutup dan wadah terbuka.

Seperti yang anda amati pada percobaan, air keluar lebih deras dan lebih jauh, melalui lubang pada dinding wadah yang permukaan atasnya terbuka, dibandingkan pada wadah yang permukaan atasnya tertutup. Hal ini dikarenakan tekanan air pada dasar wadah terbuka, lebih besar, dibandingkan tekanan air pada dasar wadah tertutup.
Mengapa tekanan air atau zat cair lain pada dasar wadah terbuka lebih besar dibandingkan wadah tertutup ? Pada wadah tertutup hanya ada tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, percepatan gravitasi dan kedalaman air dari permukaan.

Rumus tekanan zat cair - 1Sebaliknya, pada wadah terbuka, selain terdapat tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, percepatan gravitasi dan kedalaman air dari permukaan, terdapat juga tekanan udara yang bekerja pada permukaan air tersebut.

Rumus tekanan zat cair - 2Walaupun tekanan udara bekerja hanya pada permukaan air, tekanan yang dikerjakan oleh udara pada permukaan air ini diteruskan atau disalurkan ke seluruh bagian air. Sebagai contoh, tekanan air pada kedalaman 1 meter adalah p =  = (1000 kg/m3)(9,8 m/s2)(1 m) = 9.800 N/m2. Sesuai hasil pengukuran, tekanan udara adalah 101.300 N/m2. Tekanan air di kedalaman 1 meter pada wadah tertutup adalah 9.800 N/m2, sebaliknya tekanan air di kedalaman 1 meter pada dasar wadah terbuka adalah 9.800 N/m2 + 101.300 N/m2 = 111.100 N/m2. Jadi tekanan total di kedalaman 1 meter pada wadah terbuka adalah tekanan air + tekanan udara yang berada di atas permukaan air. Kenyataan ini anda diamati pada percobaan yang anda lakukan, di mana air keluar lebih deras pada wadah terbuka, dibandingkan pada wadah tertutup. Hal ini menunjukan bahwa tekanan air di kedalaman yang sama lebih besar pada wadah terbuka daripada pada wadah tertutup.

Hukum Pascal

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung
error: