Besaran turunan

Besaran turunan merupakan besaran fisika yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Selain tujuh besaran pokok, besaran fisika lainnya termasuk besaran turunan. Dalam pokok bahasan fisika yang akan anda pelajari selanjutnya nanti, anda akan mengenal berbagai besaran turunan.

Tabel besaran turunan, rumus dan satuanBesaran turunan - 1Luas diturunkan dari dua besaran panjang, yakni panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yakni panjang, lebar dan tinggi. Kelajuan diturunkan dari satu besaran panjang (jarak) dan satu besaran waktu. Perlajuan diturunkan dari satu besaran panjang (jarak) dan dua besaran waktu. Massa jenis diturunkan dari satu besaran massa dan tiga besaran panjang. Gaya diturunkan dari satu besaran massa, satu besaran panjang dan dua besaran waktu.

Perlu diketahui bahwa walaupun istilah yang digunakan berbeda, panjang, lebar, tinggi dan jarak termasuk besaran yang sama, yakni besaran panjang. Untuk mengukur panjang, lebar, tinggi dan jarak digunakan alat ukur besaran panjang, bisa berupa meteran, mistar atau alat ukur besaran panjang lainnya.

Tabel besaran turunan, simbol, satuan dan dimensiBesaran turunan, satuan, dimensi - 1

Besaran turunan, satuan, dimensi - 2

Referensi

Download Ebook Besaran dan Satuan

148.88 KB 2959 downloads

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 10)

Materi Pembelajaran

  1. Besaran pokok, satuan SI dan dimensi
  2. Besaran turunan, satuan SI dan dimensi
  3. Satuan, standar, satuan Sistem Internasional dan Satuan Sistem Inggris
  4. Konversi satuan
  5. Analisis dimensi
  6. Notasi ilmiah
  7. Angka penting