Tips membawa bagasi saat naik pesawat

# Tips Membawa Bagasi Saat Naik Pesawat

Bepergian dengan pesawat memang menyenangkan dan efisien, tetapi membawa bagasi bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagasi yang terlalu berat atau tidak teratur dapat menghambat pengalaman perjalanan Anda dan menyebabkan biaya tambahan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola bagasi saat naik pesawat.

## 1. Pahami Kebijakan Bagasi Maskapai

Setiap maskapai memiliki kebijakan bagasi yang berbeda-beda, baik itu untuk bagasi kabin maupun bagasi terdaftar. Sebelum Anda mulai mengemas, pastikan untuk memeriksa kebijakan bagasi dari maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan. Informasi ini biasanya bisa ditemukan di situs web maskapai atau di email konfirmasi penerbangan Anda.

### Bagasi Kabin

Bagasi kabin adalah barang bawaan yang Anda bawa ke dalam pesawat. Ukuran dan beratnya biasanya dibatasi oleh maskapai. Pada umumnya, bagasi kabin harus muat di kompartemen bagasi atas atau di bawah kursi Anda. Ukuran standar biasanya adalah sekitar 55 x 35 x 20 cm dengan berat maksimal 7-10 kg.

### Bagasi Terdaftar

Bagasi terdaftar adalah bagasi yang disimpan di ruang kargo pesawat. Berat maksimum bagasi terdaftar biasanya sekitar 20-32 kg, tergantung pada maskapai dan kelas penerbangan. Beberapa maskapai bahkan mungkin mengenakan biaya tambahan jika berat bagasi terdaftar melebihi batas yang ditentukan.

## 2. Gunakan Timbangan Bagasi

Salah satu cara paling sederhana untuk menghindari biaya tambahan adalah dengan menimbang bagasi Anda di rumah sebelum berangkat ke bandara. Anda bisa menggunakan timbangan bagasi digital yang mudah digunakan dan cukup murah. Mengetahui berat bagasi Anda sebelumnya akan membantu Anda mengatur dan mengurangi barang yang tidak perlu sehingga sesuai dengan batas yang ditentukan.

READ  Cara memilih maskapai dengan program loyalitas terbaik

## 3. Mengatur Barang Bawaan

Sebisa mungkin, bawa hanya yang benar-benar diperlukan. Buatlah daftar barang-barang yang akan Anda bawa untuk memastikan tidak ada yang terlupakan dan untuk mencegah membawa barang berlebihan.

### Pilih Pakaian yang Multifungsi

Pilihlah pakaian yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya, kemeja atau blus yang bisa digunakan untuk acara formal maupun kasual, atau celana yang nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Gunakan teknik melipat baju seperti rolling untuk menghemat ruang.

### Bawa Kosmetik dan Perlengkapan Dalam Ukuran Kecil

Untuk perlengkapan mandi dan kosmetik, sebaiknya bawa dalam ukuran travel size. Banyak produk kecantikan yang menyediakan versi mini dari produk mereka. Selain itu, Anda dapat memindahkan produk favorit Anda ke dalam botol kecil yang dapat Anda beli di toko perlengkapan perjalanan.

## 4. Packing Cube dan Kantong Vakum

Packing cube atau kantong vakum adalah penyelamat ruang dalam koper Anda. Alat ini membantu mengompres pakaian sehingga lebih rapi dan muat lebih banyak. Packing cube membantu mengatur barang bawaan dengan baik, memudahkan Anda menemukan barang tanpa harus membongkar seluruh koper. Kantong vakum, di lain pihak, membantu memadatkan pakaian sehingga lebih hemat tempat, namun perlu diingat bahwa pakaian yang di-vakum mungkin tidak sedap di pandang saat Anda membukanya nanti.

## 5. Kenakan Pakaian Berat

Jika Anda membawa jaket tebal, sweater, atau sepatu boot, sebaiknya kenakan saat di pesawat untuk menghemat ruang di dalam koper. Selain menghemat ruang bagasi, mengenakan pakaian berat juga bisa membantu Anda tetap hangat di dalam pesawat yang sering kali cukup dingin.

## 6. Manfaatkan Kantong Tambahan

Tas tangan atau ransel bisa menjadi ruang tambahan untuk barang-barang penting yang mungkin sering Anda gunakan selama perjalanan, seperti buku, peralatan elektronik, atau dokumen perjalanan. Biasanya, maskapai memperbolehkan satu item pribadi tambahan selain dari bagasi kabin standar.

READ  Cara memilih penerbangan tanpa henti

## 7. Jangan Lupakan Dokumen Penting

Simpan dokumen penting seperti paspor, tiket, identitas, visa, dan dokumen perjalanan lainnya di tempat yang mudah dijangkau. Gunakan dompet perjalanan atau kantong khusus yang dapat Anda simpan di dalam tas tangan atau ransel untuk menghindari kebingungan saat harus menunjukkan dokumen tersebut di bandara.

## 8. Waspadai Barang Terlarang

Ada barang-barang tertentu yang dilarang dalam penerbangan internasional maupun domestik. Pastikan Anda tidak membawa benda tajam, benda berbahaya, atau cairan dalam jumlah besar ke dalam bagasi kabin. Memeriksa peraturan maskapai terkait barang terlarang akan membantu Anda menghindari masalah di pemeriksaan keamanan bandara.

## 9. Beri Label Bagasi

Memberi label bagasi dengan nama, alamat, dan nomor telepon Anda membantu jika bagasi Anda hilang atau tertukar. Gunakan label yang kuat dan tahan air untuk menghindari kerusakan selama perjalanan. Beberapa maskapai juga memberi stiker tambahan untuk menandai bagasi Anda, jadi jangan ragu untuk memanfaatkannya.

## 10. Travel Insurance

Pertimbangkan untuk mengambil asuransi perjalanan yang mencakup kerugian atau kerusakan bagasi. Meskipun ini bukan hal yang wajib, asuransi perjalanan memberikan ketenangan batin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada bagasi Anda.

## 11. Bagasi Pintar (Smart Luggage)

Inovasi teknologi telah menyentuh segala aspek kehidupan, termasuk juga dalam pembuatan koper. Saat ini, ada koper pintar yang dilengkapi dengan GPS untuk melacak keberadaannya, pengisian daya untuk perangkat elektronik, dan fitur anti pencurian. Walaupun harganya mungkin lebih mahal, koper pintar bisa menjadi investasi jangka panjang terutama bagi Anda yang sering bepergian.

## 12. Pertimbangkan Pengiriman Barang

Jika Anda membawa barang yang sangat berat atau banyak, pertimbangkan untuk mengirimkannya terlebih dahulu melalui jasa kurir. Ini mungkin lebih murah dan mengurangi beban Anda selama perjalanan udara.

READ  Cara memilih maskapai penerbangan terbaik

## 13. Hindari Pengemasan Menit Terakhir

Mengemas bagasi di menit terakhir sering kali menyebabkan stres dan melupakan barang penting. Sebaiknya, kemas bagasi Anda setidaknya satu atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan untuk memastikan semuanya teratur dan tidak ada yang tertinggal.

## 14. Manfaatkan Ruang Kosong

Manfaatkan ruang kosong di dalam sepatu untuk menyimpan kaus kaki atau barang-barang kecil lainnya. Selain menghemat ruang, ini juga membantu menjaga bentuk sepatu Anda tetap baik selama perjalanan.

## 15. Periksa Barang di Hotel

Setelah sampai di hotel atau tempat tujuan, segera periksa barang bawaan Anda untuk memastikan tidak ada yang hilang atau rusak. Jika ada masalah, segera laporkan ke petugas hotel atau maskapai penerbangan.

Mengelola bagasi dengan baik bisa membuat pengalaman perjalanan Anda jauh lebih nyaman dan bebas stres. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menghindari biaya tambahan, menjaga barang bawaan tetap aman, dan memiliki perjalanan yang lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari PENERBANGAN

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca