Contoh soal persamaan reaksi

  1. Lengkapilah reaksi berikut: Fe + O₂ → ? Pembahasan: Untuk menyeimbangkan persamaan ini, kita harus memastikan jumlah atom di kedua sisi persamaan sama. Dalam hal ini, reaksi akan menjadi: 4Fe + 3O₂ → 2Fe₂O₃.

  2. Tulis persamaan reaksi untuk pembakaran metana (CH₄). Pembahasan: Reaksi pembakaran metana adalah: CH₄ + 2O₂ → CO₂ + 2H₂O.
  3. Lengkapilah reaksi berikut: H₂ + Cl₂ → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah pembentukan molekul hidrogen klorida (HCl), persamaan reaksinya adalah: H₂ + Cl₂ → 2HCl.
  4. Tulis persamaan reaksi untuk pembentukan air dari hidrogen dan oksigen. Pembahasan: Reaksi pembentukan air adalah: 2H₂ + O₂ → 2H₂O.
  5. Lengkapilah reaksi berikut: Al + O₂ → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah pembentukan aluminium oksida (Al₂O₃), jadi persamaan reaksinya adalah: 4Al + 3O₂ → 2Al₂O₃.
  6. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara natrium (Na) dan klorin (Cl). Pembahasan: Reaksi ini akan menghasilkan natrium klorida (NaCl), jadi persamaan reaksinya adalah: 2Na + Cl₂ → 2NaCl.
  7. Lengkapilah reaksi berikut: Mg + O₂ → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah pembentukan magnesium oksida (MgO), jadi persamaan reaksinya adalah: 2Mg + O₂ → 2MgO.
  8. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara hidrogen dan nitrogen untuk membentuk amonia. Pembahasan: Reaksi ini menghasilkan amonia (NH₃), jadi persamaan reaksinya adalah: 3H₂ + N₂ → 2NH₃.
  9. Lengkapilah reaksi berikut: P₄ + O₂ → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah pembentukan fosfor pentoksida (P₄O₁₀), jadi persamaan reaksinya adalah: P₄ + 5O₂ → P₄O₁₀.
  10. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara kalsium (Ca) dan air (H₂O). Pembahasan: Reaksi ini menghasilkan kalsium hidroksida dan hidrogen gas, jadi persamaan reaksinya adalah: Ca + 2H₂O → Ca(OH)₂ + H₂.
  11. Lengkapilah reaksi berikut: CaCO₃ → CaO + ? Pembahasan: Reaksi ini adalah dekomposisi kalsium karbonat menjadi kalsium oksida dan karbon dioksida, jadi persamaan reaksinya adalah: CaCO₃ → CaO + CO₂.
  12. Tulis persamaan reaksi untuk dekomposisi air menjadi hidrogen dan oksigen. Pembahasan: Reaksi dekomposisi air menjadi hidrogen dan oksigen adalah: 2H₂O → 2H₂ + O₂.
  13. Lengkapilah reaksi berikut: Zn + HCl → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah reaksi antara seng dan asam klorida yang menghasilkan seng klorida dan hidrogen gas, jadi persamaan reaksinya adalah: Zn + 2HCl → ZnCl₂ + H₂.
  14. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara belerang (S) dan oksigen (O₂). Pembahasan: Reaksi ini menghasilkan belerang dioksida (SO₂), jadi persamaan reaksinya adalah: S + O₂ → SO₂.
  15. Lengkapilah reaksi berikut: C₃H₈ + O₂ → ? Pembahasan: Ini adalah reaksi pembakaran propana, persamaan reaksinya adalah: C₃H₈ + 5O₂ → 3CO₂ + 4H₂O.
  16. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara aluminium (Al) dan asam klorida (HCl). Pembahasan: Reaksi ini menghasilkan aluminium klorida dan hidrogen gas, jadi persamaan reaksinya adalah: 2Al + 6HCl → 2AlCl₃ + 3H₂.
  17. Lengkapilah reaksi berikut: C + O₂ → ? Pembahasan: Ini adalah reaksi pembakaran karbon menjadi karbon dioksida, persamaan reaksinya adalah: C + O₂ → CO₂.
  18. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara natrium hidroksida (NaOH) dan asam klorida (HCl). Pembahasan: Reaksi ini adalah reaksi netralisasi yang menghasilkan natrium klorida dan air, persamaan reaksinya adalah: NaOH + HCl → NaCl + H₂O.
  19. Lengkapilah reaksi berikut: AgNO₃ + NaCl → ? Pembahasan: Reaksi ini adalah reaksi pengendapan antara nitrat perak dan natrium klorida yang menghasilkan perak klorida dan natrium nitrat, persamaan reaksinya adalah: AgNO₃ + NaCl → AgCl + NaNO₃.
  20. Tulis persamaan reaksi untuk reaksi antara tembaga (Cu) dan asam sulfat (H₂SO₄). Pembahasan: Reaksi ini menghasilkan tembaga sulfat dan air, jadi persamaan reaksinya adalah: Cu + H₂SO₄ → CuSO₄ + H₂.

Print Friendly, PDF & Email