Jenis jenis penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah kondisi infeksi pada jaringan penyangga gigi yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi dan tulang rahang. Ada beberapa jenis penyakit periodontal yang umum terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis penyakit periodontal beserta penjelasannya.

1. Gingivitis
Jenis penyakit periodontal ini adalah peradangan gusi yang sering terjadi. Biasanya disebabkan oleh penumpukan plak gigi yang tidak dihilangkan dengan baik. Penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan membersihkan gigi dan langkah-langkah kebersihan mulut yang baik.

2. Periodontitis
Jika gingivitis tidak diobati, dapat berkembang menjadi periodontitis. Pada kondisi ini, infeksi telah menyebar ke jaringan yang mendukung gigi, termasuk tulang. Gusi menjadi terpisah dari gigi dan membentuk kantong yang dapat terinfeksi. Periodontitis dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan penyangga gigi jika tidak diobati.

3. Periodontitis Agresif
Jenis ini terjadi pada individu yang cenderung memiliki respon imun yang lebih kuat terhadap bakteri penyebab penyakit periodontal. Periodontitis agresif dapat menyebabkan kerusakan tulang yang cepat dan parah, serta kehilangan gigi pada usia muda.

4. Periodontitis Kronis
Jenis penyakit periodontal ini berkembang secara perlahan dan umum terjadi pada orang dewasa. Gingivitis yang tidak diobati dapat menjadi periodontitis kronis. Karakteristik utamanya adalah adanya kantong gusi yang dalam dan pendarahan.

5. Periodontitis Necrotizing
Periodontitis ini biasanya terjadi pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti mereka yang mengidap HIV atau penyakit kronis lainnya. Bakteri yang menyebabkan infeksi periodontal mengakibatkan kematian jaringan gusi dan tulang rahang.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Jenis-jenis Penyakit Periodontal:

1. Apa yang dimaksud dengan penyakit periodontal?
Penyakit periodontal adalah kondisi infeksi pada jaringan penyangga gigi yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi dan tulang rahang.

READ  Teknik pencegahan untuk penyakit periodontal

2. Apa saja jenis-jenis penyakit periodontal?
Beberapa jenis penyakit periodontal meliputi gingivitis, periodontitis, periodontitis agresif, periodontitis kronis, dan periodontitis necrotizing.

3. Apa perbedaan antara gingivitis dan periodontitis?
Gingivitis adalah peradangan gusi tanpa kerusakan permanen pada jaringan penyangga gigi, sementara periodontitis melibatkan kerusakan tulang dan jaringan penyangga gigi.

4. Apa penyebab penyakit periodontal?
Penyakit periodontal disebabkan oleh penumpukan plak bakteri pada gigi yang tidak dihilangkan dengan baik melalui sikat gigi dan flossing.

5. Bagaimana cara mencegah penyakit periodontal?
Cara terbaik untuk mencegah penyakit periodontal adalah menjaga kebersihan gigi yang baik dengan sikat gigi dan benang gigi secara teratur serta mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin.

6. Apa yang dimaksud dengan periodontitis agresif?
Periodontitis agresif adalah bentuk penyakit periodontal yang ditandai dengan kerusakan tulang yang cepat dan parah pada usia muda.

7. Apakah penyakit periodontal dapat menyerang orang dewasa?
Ya, penyakit periodontal dapat menyerang orang dewasa tanpa memandang usia. Namun, kondisi ini lebih umum terjadi pada usia dewasa.

8. Apa gejala umum penyakit periodontal?
Gejala umum penyakit periodontal meliputi peradangan gusi, kemerahan, pendarahan saat menggosok gigi, bau mulut yang tidak sedap, gigi terasa goyang, dan perubahan pada gigi gigitan.

9. Bagaimana cara menangani gingivitis?
Gingivitis dapat diatasi dengan membersihkan gigi secara teratur dan mengadopsi langkah-langkah kebersihan mulut yang baik, seperti menjaga pola makan yang sehat dan menghentikan kebiasaan merokok.

10. Bisakah penyakit periodontal disembuhkan sepenuhnya?
Kerusakan permanen pada jaringan penyangga gigi akibat penyakit periodontal tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun, dengan perawatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan.

11. Apakah penyakit periodontal bisa menular?
Penyakit periodontal tidak bisa menular secara langsung dari satu orang ke orang lain. Namun, bakteri penyebab penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan air liur atau benda yang terkontaminasi.

READ  Pilihan jenis x-ray gigi

12. Apa akibat penyakit periodontal yang tidak diobati?
Penyakit periodontal yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rahang, gigi goyang, gigi tanggal, dan bahkan infeksi yang menyebar ke bagian tubuh lainnya.

13. Apakah perawatan untuk penyakit periodontal menyakitkan?
Pengalaman setiap individu dapat bervariasi, tetapi perawatan penyakit periodontal seperti scaling dan root planing mungkin menimbulkan sedikit ketidaknyamanan atau rasa sakit yang dapat dikendalikan dengan penggunaan anestesi.

14. Apa hubungan antara penyakit periodontal dan penyakit jantung?
Beberapa penelitian menemukan hubungan antara penyakit periodontal dan penyakit jantung. Penyakit periodontal yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

15. Bagaimana cara mendiagnosis penyakit periodontal?
Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh menggunakan alat pemeriksaan dan dapat memeriksa kedalaman kantong gusi, mengambil sinar-X, dan tes kepekaan terhadap sentuhan pada gigi.

16. Apakah ada faktor risiko untuk terkena penyakit periodontal?
Beberapa faktor risiko meliputi merokok, diabetes, perubahan hormon selama kehamilan atau menopause, kekebalan tubuh yang lemah, dan pewarisan genetik.

17. Bisakah penyakit periodontal menyebabkan komplikasi pada kehamilan?
Ya, penyakit periodontal yang parah dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah.

18. Bagaimana cara mengobati periodontitis necrotizing?
Periodontitis necrotizing dapat diobati dengan pembersihan kantong gusi yang dalam, obat-obatan antibiotik, dan perubahan gaya hidup seperti menghentikan kebiasaan merokok.

19. Apa yang harus dilakukan jika gigi terasa goyang karena penyakit periodontal?
Jika gigi terasa goyang akibat penyakit periodontal, segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan mengevaluasi tingkat kerusakan dan menyarankan perawatan yang paling tepat.

20. Bisakah penyakit periodontal kambuh setelah diobati?
Penyakit periodontal dapat kambuh jika tidak ada perubahan dalam kebiasaan kebersihan mulut dan tidak mengikuti perawatan jangka panjang yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Penting untuk menjaga kebersihan gigi yang baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk meminimalkan risiko kambuhnya penyakit.

Print Friendly, PDF & Email

Eksplorasi konten lain dari KEDOKTERAN GIGI

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca