Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Indonesia

## Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Indonesia

### Pendahuluan

Akuntansi adalah sistem pengukuran, pengolahan, dan komunikasi informasi keuangan yang berguna bagi pengambilan keputusan ekonomi. Di Indonesia, akuntansi telah mengalami perkembangan signifikan sejak pertama kali diperkenalkan. Melalui artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang perjalanan sejarah akuntansi di Indonesia, mulai dari masa kolonial hingga era modern.

### Zaman Kolonial Belanda

Sejarah akuntansi di Indonesia dimulai pada era kolonial Belanda. Pada periode ini, institusi seperti Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) dan perusahaan-perusahaan Belanda lainnya memainkan peran penting dalam penerapan sistem akuntansi Barat di Nusantara. Akuntansi yang diterapkan lebih bersifat rudimentary (sederhana) dan berfokus pada pencatatan untuk kebutuhan administrasi perusahaan dagang Belanda.

Pada akhir abad ke-19, Belanda mendirikan sekolah perdagangan (Handelsschoolen) di Indonesia yang kemudian menjadi pusat pendidikan bisnis dan akuntansi. Salah satu sekolah yang terkenal adalah Recht en Handelsschool di Jakarta yang didirikan pada tahun 1918. Lulusan sekolah ini nantinya banyak yang bekerja di lembaga-lembaga pemerintah dan swasta, membawa serta pengetahuan tentang prinsip-prinsip akuntansi ke dalam lingkungan bisnis lokal.

### Masa Awal Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 menjadi titik balik penting dalam sejarah akuntansi di negeri ini. Pada periode ini, Indonesia mulai mengembangkan sistem akuntansi yang lebih mandiri dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi lokal. Akuntansi tidak lagi didominasi oleh praktik dan standar asing, meskipun masih banyak diadopsi prinsip-prinsip yang berasal dari negara-negara Barat, terutama Belanda dan Amerika Serikat.

Pada tahun 1957, Pendidikan Administrasi Niaga (PAN) IKIP Bandung memulai perkuliahan akuntansi, diikuti oleh pendirian fakultas dan jurusan akuntansi di universitas-universitas lain seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Ini menandai awal dari pengembangan sumber daya manusia dalam bidang akuntansi yang lebih sistematis dan terstruktur.

READ  Manfaat Akuntansi Bagi Investor

### Masa Orde Lama dan Orde Baru

Di bawah pemerintahan Soekarno, ekonomi Indonesia mengalami berbagai tantangan, termasuk nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda dan ketidakstabilan ekonomis lain yang mempengaruhi perkembangan akuntansi. Namun, situasi berubah dengan peralihan ke pemerintahan Orde Baru di bawah Soeharto. Pemerintahan Orde Baru lebih fokus pada pembangunan ekonomi dan modernisasi yang membawa dampak langsung terhadap pengembangan akuntansi.

Pada tahun 1973, pemerintah Indonesia membentuk Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang bertujuan untuk menyusun standar akuntansi dan kode etik profesi akuntan. Ini adalah langkah penting dalam menetapkan kerangka kerja formal untuk praktik akuntansi di Indonesia, termasuk penerapan sistem Akuntansi Berterima Umum (SAK) yang mengacu kepada prinsip-prinsip akuntansi internasional.

Selama era ini, banyak perusahaan multinasional mulai masuk ke pasar Indonesia, mendorong pemakaian standar akuntansi internasional untuk memenuhi kebutuhan investor asing dan pengelolaan yang lebih transparan. Program studi akuntansi di perguruan tinggi juga mengalami peningkatan kualitas seiring dengan mulai diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi yang disesuaikan dengan perkembangan global.

### Era Reformasi

Reformasi politik dan ekonomi tahun 1998 membawa perubahan signifikan pada berbagai sektor di Indonesia, termasuk akuntansi. Transparansi dan akuntabilitas menjadi fokus utama menyusul krisis ekonomi yang terjadi pada akhir 1990-an, yang mengungkap banyaknya praktek korupsi dan ketidakberesan dalam pelaporan keuangan perusahaan.

Dengan tujuan meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dan kepercayaan investor, pada tahun 2008, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) di bawah IAI mulai mengadopsi International Financial Reporting Standards (IFRS) secara bertahap. Ini merupakan langkah besar dalam menyelaraskan standar akuntansi Indonesia dengan standar internasional, mempermudah proses penilaian oleh investor global dan meningkatkan daya saing perusahaan Indonesia di pasar internasional.

READ  Cara Mudah Memahami Akuntansi

Penerapan IFRS di Indonesia dilakukan secara phased-in approach untuk memberikan waktu adaptasi bagi perusahaan. Misalnya, mulai 1 Januari 2012, seluruh entitas pelaporan umum di Indonesia diwajibkan untuk menyusun laporan keuangannya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang telah mengacu pada IFRS.

### Perkembangan Terbaru dan Tantangan Ke Depan

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, akuntansi di Indonesia juga mengalami perubahan dengan diterapkannya sistem akuntansi berbasis teknologi, seperti Enterprise Resource Planning (ERP) dan penggunaan software akuntansi yang lebih canggih. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pelaporan keuangan serta memungkinkan real-time reporting yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan.

Transformasi digital juga menciptakan tantangan baru, termasuk risiko keamanan data dan kebutuhan akan keterampilan baru untuk mengelola sistem-sistem akuntansi modern. Para profesional akuntansi kini harus lebih adaptif dan mengembangkan kemampuan teknologi serta pemahaman terhadap analitik data.

Tantangan lain yang dihadapi adalah penerapan standar akuntansi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di Indonesia, UMKM berperan signifikan dalam perekonomian, namun banyak yang masih belum mengadopsi prinsip-prinsip akuntansi yang baik. Ini menjadi fokus pemerintah dan berbagai lembaga terkait untuk menyusun standar akuntansi yang lebih sederhana namun tetap transparan dan akuntabel bagi UMKM.

### Penutup

Sejarah perkembangan akuntansi di Indonesia mencerminkan perjalanan panjang yang penuh dengan dinamika dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan ekonomi, politik, dan teknologi. Mulai dari masa kolonial hingga era modern, akuntansi di Indonesia terus mengalami transformasi menuju sistem yang lebih efisien, transparan, dan sesuai dengan standar internasional.

Masa depan akuntansi di Indonesia akan semakin menantang dengan adanya kemajuan teknologi dan tuntutan globalisasi yang memerlukan penerapan standar yang lebih tinggi dan lebih terintegrasi. Melalui peningkatan pendidikan, teknologi, dan regulasi yang lebih baik, diharapkan akuntansi di Indonesia dapat terus berkembang dan berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi negara ini.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari AKUNTANSI

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca