fbpx

Mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat

Bagikan

Mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat

Mobilitas sosial adalah perubahan posisi atau pergerakan individu atau kelompok dalam suatu sistem stratifikasi sosial. Dalam konteks ini, mobilitas vertikal dan horizontal menjadi konsep penting yang membahas perubahan atau pergeseran posisi seseorang dalam masyarakat.

Mobilitas vertikal mengacu pada perubahan posisi seseorang dari satu tingkatan sosial ke tingkatan sosial yang lain dalam struktur sosial. Mobilitas vertikal dapat terjadi baik secara naik maupun turun. Contohnya, seseorang yang awalnya bekerja sebagai buruh pabrik dan kemudian menjadi manajer adalah contoh mobilitas vertikal naik. Sebaliknya, seseorang yang awalnya bekerja sebagai eksekutif perusahaan dan kemudian mengalami kegagalan bisnis dan menjadi pekerja lepas adalah contoh mobilitas vertikal turun.

Sementara itu, mobilitas horizontal merujuk pada perubahan dalam jenis pekerjaan atau posisi yang memiliki tingkat status yang serupa. Ini berarti individu atau kelompok tetap berada pada tingkatan sosial yang sama, tetapi beralih pekerjaan atau posisi yang berbeda. Contoh mobilitas horizontal adalah ketika seseorang yang bekerja sebagai dokter di rumah sakit pemerintah memutuskan untuk bekerja sebagai dokter di rumah sakit swasta.

Mobilitas vertikal dan horizontal memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat. Mobilitas vertikal naik, misalnya, seringkali dianggap sebagai tanda kemajuan individu atau kelompok dalam cara hidup mereka. Ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, status sosial, dan kehidupan yang lebih baik secara keseluruhan. Di sisi lain, mobilitas vertikal turun dapat menyebabkan penurunan pendapatan, status, serta kesulitan finansial dan emosional.

Mobilitas horizontal mencerminkan perubahan dalam bidang pekerjaan atau posisi yang tidak mempengaruhi status sosial secara signifikan. Ini memberikan kesempatan untuk mencari pengalaman baru, mengembangkan keterampilan, serta menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

BACA JUGA  Metode penelitian dalam sosiologi kualitatif

Dalam menghadapi mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat, terdapat sejumlah pertanyaan yang sering diajukan. Berikut adalah 20 pertanyaan dan jawaban mengenai mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat:

1. Apa itu mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat?
Mobilitas vertikal adalah perubahan dalam posisi sosial individu dari satu tingkatan ke yang lain, sementara mobilitas horizontal adalah perubahan dalam jenis pekerjaan atau posisi dengan tingkat status yang serupa.

2. Apa yang mempengaruhi mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat?
Faktor-faktor seperti pendidikan, kekayaan, kemampuan, dan kesempatan dapat mempengaruhi mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat.

3. Apa manfaat dari mobilitas vertikal dan horizontal?
Mobilitas vertikal dan horizontal memberikan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, status sosial, pengalaman baru, dan perkembangan keterampilan.

4. Apa risiko dari mobilitas vertikal dan horizontal?
Mobilitas vertikal turun dapat berisiko mengalami penurunan pendapatan dan status sosial, sementara mobilitas horizontal dapat membutuhkan adaptasi terhadap perubahan lingkungan kerja.

5. Apa contoh mobilitas vertikal naik dan turun?
Mobilitas vertikal naik bisa terjadi ketika seseorang memperoleh posisi manajerial setelah awalnya menjadi buruh pabrik, sementara mobilitas vertikal turun bisa terjadi ketika seseorang kehilangan pekerjaan dan menjadi pekerja lepas.

6. Apa tujuan mobilitas vertikal dan horizontal?
Tujuan mobilitas vertikal dan horizontal bisa berbeda bagi setiap individu, tetapi umumnya mencakup peningkatan pendapatan, status sosial, serta kepuasan dalam karir.

7. Bagaimana mobilitas vertikal dan horizontal dapat dipengaruhi oleh pendidikan?
Pendidikan yang baik dapat memberikan individu pengetahuan, keterampilan, dan kesempatan untuk mencapai mobilitas vertikal dan horizontal yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Peran tradisi dalam mempengaruhi norma sosial

8. Apa peran pengalaman kerja dalam mobilitas vertikal dan horizontal?
Pengalaman kerja yang relevan dapat meningkatkan peluang individu untuk mencapai mobilitas vertikal dan horizontal yang diinginkan.

9. Bagaimana mobilitas vertikal dan horizontal dapat memengaruhi kehidupan pribadi seseorang?
Mobilitas vertikal dan horizontal dapat memiliki dampak pada kehidupan pribadi seseorang melalui perubahan pendapatan, status sosial, dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

10. Bagaimana struktur sosial mempengaruhi mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat?
Struktur sosial mempengaruhi mobilitas vertikal dan horizontal dengan membatasi atau menyediakan kesempatan dalam hal pendidikan, lapangan kerja, dan mobilitas sosial secara keseluruhan.

11. Apakah mobilitas vertikal dan horizontal dapat dipengaruhi oleh faktor budaya?
Ya, faktor budaya seperti nilai-nilai keluarga atau norma sosial dapat mempengaruhi keputusan individu dalam mencari mobilitas vertikal dan horizontal.

12. Apakah mobilitas vertikal dan horizontal memiliki faktor usia tertentu?
Tidak ada faktor usia tertentu yang menyebabkan mobilitas vertikal atau horizontal, namun faktor usia bisa mempengaruhi kesempatan atau keinginan seseorang untuk mencari mobilitas tersebut dalam jangka waktu tertentu.

13. Bisakah mobilitas vertikal atau horizontal terjadi dalam masyarakat yang berstratifikasi ketat?
Meskipun mobilitas vertikal atau horizontal mungkin lebih sulit di masyarakat yang berstratifikasi, masih ada kemungkinan individu atau kelompok melampaui batasan itu melalui pendidikan, keterampilan, atau upaya ekstra.

14. Bagaimana dampak mobilitas vertikal dan horizontal terhadap ekonomi masyarakat?
Mobilitas vertikal dan horizontal dapat memiliki dampak positif terhadap ekonomi masyarakat melalui peningkatan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

BACA JUGA  Konsep diri dan identitas sosial dalam sosiologi

15. Apa peran pemerintah dalam mendukung mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat?
Pemerintah dapat mendukung mobilitas vertikal dan horizontal melalui program pendidikan yang merata, akses yang lebih baik ke peluang kerja, serta pemberdayaan masyarakat melalui kebijakan yang adil.

16. Bagaimana mobilitas vertikal dan horizontal dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang?
Mobilitas vertikal dan horizontal dapat meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan pendapatan, status sosial, kepuasan dalam pekerjaan, dan perkembangan pribadi.

17. Bagaimana individu dapat mencapai mobilitas vertikal atau horizontal dalam masyarakat yang tidak mendukungnya?
Individu dapat mencapai mobilitas vertikal atau horizontal melalui ketekunan, kerja keras, pendidikan, dan pencarian peluang yang ada di luar struktur sosial yang ada.

18. Bagaimana mobilitas vertikal dan horizontal dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial?
Mobilitas vertikal dan horizontal dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial dengan memberikan kesempatan untuk kesetaraan akses terhadap pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan.

19. Apa dampak dari kurangnya mobilitas vertikal dan horizontal dalam masyarakat?
Kurangnya mobilitas vertikal dan horizontal dapat menyebabkan terjadinya kekakuan sosial, ketidakadilan, serta kesulitan individu atau kelompok dalam mencapai kesejahteraan sosial dan ekonomi.

20. Bagaimana mobilitas vertikal dan horizontal dapat mendukung perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat secara keseluruhan?
Mobilitas vertikal dan horizontal dapat mendukung perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat dengan menciptakan perubahan positif dalam pendapatan, status sosial, serta peningkatan produktivitas dan inovasi.

Print Friendly, PDF & Email