Mengenali tanda persalinan mendekat

Mengenali Tanda Persalinan Mendekat

Masa kehamilan adalah periode yang penuh kebahagiaan, harapan, dan juga kecemasan. Salah satu momen yang paling dinanti oleh calon ibu dan keluarga adalah saat persalinan tiba. Mengidentifikasi tanda-tanda persalinan mendekat adalah hal yg sangat penting karena hal ini memungkinkan ibu hamil untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental, serta memastikan semuanya siap untuk menyambut anggota keluarga baru tersebut.

Tanda-tanda persalinan bisa bervariasi dari seorang ibu ke ibu lainnya, tetapi ada beberapa indikator umum yang bisa dikenali untuk mengetahui kapan saat melahirkan sudah dekat.

1. Turunnya Posisi Bayi

Pada beberapa minggu terakhir kehamilan, Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi dalam kandungan bergerak lebih rendah di perut Anda. Ini disebut “lightening” atau “dropping”. Pada primipara (wanita yang baru pertama kali hamil), lightening terjadi sekitar dua hingga empat minggu sebelum persalinan. Sedangkan pada multipara (wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya), lightening dapat terjadi lebih dekat ke saat persalinan dimulai atau bahkan pada saat persalinan berlangsung. Perubahan posisi ini mengurangi tekanan pada diafragma Anda sehingga pernapasan menjadi lebih mudah, tetapi menambah tekanan pada kandung kemih Anda, yang menyebabkan lebih sering buang air kecil.

2. Perubahan pada Serviks

Mendekati persalinan, serviks, yang merupakan leher rahim, mulai mengalami perubahan. Proses pematangan serviks termasuk pelunakan, pemendekan, dan pembukaan. Ini dapat dievaluasi oleh dokter atau bidan selama pemeriksaan panggul. Serviks yang mulai terbuka dan melunak adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang mempersiapkan kelahiran bayi.

3. Keluarnya Lendir Darah (Bloody Show)

Saat serviks mulai melunak dan membuka, Anda mungkin akan melihat keluarnya lendir berdarah dari vagina. Lendir ini berasal dari sumbat lendir yang selama kehamilan menutup saluran serviks untuk mencegah infeksi. Ketika serviks mulai membuka, sumbat lendir ini akan keluar, sering disertai dengan bercak darah. Walaupun keluarnya lendir berdarah ini merupakan indikasi bahwa persalinan anda akan segera dimulai, tetapi bisa terjadi beberapa hari sebelum persalinan benar-benar dimulai.

READ  Pengukuran tanda vital oleh bidan

4. Kontraksi Teratur

Kontraksi palsu atau yang biasa disebut Braxton Hicks adalah kontraksi yang tidak teratur dan seringkali dianggap sebagai “latihan” uterus sebelum persalinan yang sesungguhnya. Kontraksi ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak berlangsung lama. Namun, kontraksi yang menjadi kuat, lebih teratur dan terasa sakit, menandakan bahwa persalinan sudah dekat atau sedang berlangsung. Jika kontraksi mulai terasa setiap 10 menit atau kurang, ini adalah pertanda jelas persalinan akan segera dimulai.

5. Pecahnya Ketuban

Pecahnya ketuban, atau keluarnya cairan ketuban, adalah salah satu tanda persalinan yang paling jelas dan paling dikenal. Cairan ketuban yang mengelilingi dan melindungi bayi dalam rahim akan keluar ketika membran ketuban sobek. Pecahnya ketuban bisa terjadi sebagai semburan besar cairan atau hanya aliran kecil yang terus menerus. Jika ketuban anda pecah atau anda curiga ketuban pecah, segeralah hubungi dokter atau bidan.

6. Peningkatan Kram dan Nyeri Punggung

Kram yang sering muncul dan menjadi semakin intens serta nyeri punggung bawah adalah tanda lain bahwa persalinan mungkin mendekat. Bayi yang menekan ke bawah menaruh lebih banyak tekanan pada otot-otot punggung dan menggeser tulang panggul, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

7. Perubahan Aktivitas Bayi

Seiring mendekatnya waktu persalinan, Anda mungkin akan menyadari bahwa aktivitas bayi dalam kandungan mengalami perubahan. Meskipun gerakannya mungkin masih kuat, namun jenis dan frekuensi gerakan bisa berbeda. Kurangnya ruang dalam rahim bisa membuat gerakan menjadi lebih sporadis dan intens.

8. Hasrat untuk Bersarang

Banyak calon ibu merasakan dorongan kuat untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk bayi, yang dikenal sebagai “nesting instinct” atau ‘naluri bersarang’. Anda mungkin merasa penuh energi untuk bersih-bersih, mengatur perabotan, atau menyiapkan perlengkapan bayi. Namun, pastikan untuk tidak terlalu lelah; dengarkan tubuh Anda dan istirahatlah jika diperlukan.

READ  Kelas edukasi kehamilan untuk ibu

9. Diare atau Mual

Tubuh Anda mungkin mencoba membersihkan diri menjelang proses persalinan dengan peningkatan frekuensi buang air besar atau diare. Meskipun ini mungkin sedikit mengganggu, hal ini adalah bagian dari persiapan tubuh untuk persalinan. Selain itu, beberapa wanita juga dapat merasakan mual atau bahkan muntah menjelang waktu persalinan.

10. Perasaan Tidak Nyaman yang Menyeluruh

Tanda yang sulit dijelaskan tetapi sering dilaporkan oleh banyak wanita hamil adalah perasaan tidak nyaman yang menyeluruh. Ini mungkin bisa berupa perasaan keseluruhan bahwa “sesuatu” sedang atau akan terjadi. Ini bisa disertai dengan perubahan seusia atau emosional, seperti lebih merasa gugup, cemas, atau gelisah.

Kapan Harus Menghubungi Dokter atau Bidan?

Sebagian besar wanita akan merasakan satu atau lebih tanda-tanda di atas menjelang persalinan. Tetapi perlu diingat bahwa setiap kehamilan adalah unik, dan tidak semua wanita akan mengalami semua tanda tersebut. Jika Anda merasa bahwa tanda-tanda persalinan sudah dimulai, hubungi dokter atau bidan Anda, terutama jika:

– Kontraksi Anda terjadi secara teratur dan menjadi lebih kuat dan lebih dekat jaraknya.
– Anda merasakan pecahnya ketuban.
– Ada tanda-tanda komplikasi, seperti keluarnya darah yang banyak, nyeri hebat yang tidak hilang dengan perubahan posisi, atau gejala lainnya yang mencurigakan.

Mempersiapkan diri menghadapi persalinan dengan mengenali tanda-tanda di atas bisa membantu calon ibu merasa lebih siap dan tenang menghadapi kelahiran bayi. Jangan skeptis untuk berkonsultasi atau mendiskusikan perubahan yang Anda alami dengan tenaga medis yang merawat Anda. Mereka ada untuk mendukung dan memastikan persalinan Anda berjalan lancar.

Dengan mengetahui dan mengenali tanda-tanda persalinan mendekat, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan, persiapan, dan kesejahteraan ibu hamil dalam menyongsong momen bahagia yang telah lama dinanti.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari KEBIDANAN

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca