Jenis tanaman yang cocok untuk taman vertikal

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Taman Vertikal

Menata taman vertikal di rumah atau di kantor bisa menjadi solusi sempurna dalam penggunaan ruang secara efisien, khususnya di area perkotaan yang kerap kali memiliki keterbatasan lahan. Selain memberikan nuansa hijau yang menyegarkan, taman vertikal juga memiliki fungsi ekologis seperti penyerapan polusi udara dan penurunan suhu lingkungan sekitar. Namun, untuk mencapainya, memilih jenis tanaman yang tepat sangatlah krusial. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk taman vertikal dan alasan mengapa mereka ideal.

1. Tanaman Hias Daun

a. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Sirih gading atau pothos adalah tanaman hias yang sangat populer untuk taman vertikal. Daunnya yang berbentuk hati dan berwarna hijau dengan corak kuning membuatnya terlihat menarik. Tanaman ini tahan terhadap kondisi minim cahaya dan membutuhkan sedikit perawatan, menjadikannya pilihan favorit untuk pemula.

b. Philodendron

Philodendron memiliki beragam jenis yang semuanya cocok untuk taman vertikal. Tanaman ini bisa tumbuh baik di dalam maupun luar ruangan. Daya tahan yang tinggi dan kebutuhan yang minimal akan sinar matahari tidak langsung membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai kondisi lingkungan.

c. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa dikenal dengan daun besar yang berlubang-lubang. Tanaman ini sangat dekoratif dan dapat tumbuh dengan baik di area yang memiliki cahaya sedang hingga terang, namun tetap tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Tanaman Berbunga

a. Begonia

Begonia merupakan tanaman berbunga yang sangat estetis dengan berbagai warna bunga yang indah seperti merah, putih, dan pink. Tanaman ini cocok untuk taman vertikal karena bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh sekalipun.

b. Petunia

See also  Teknik budidaya tanaman dalam green house

Petunia cocok bagi mereka yang menginginkan taman vertikal yang penuh warna. Tanaman ini bisa tumbuh subur di area yang terkena cahaya matahari penuh dan membutuhkan perawatan yang cukup sederhana.

c. Lantana

Lantana memiliki bunga dengan beragam warna dalam satu kembang, menjadikannya sangat menarik untuk taman vertikal. Tanaman ini juga sangat tahan terhadap kondisi kering dan sinar matahari penuh.

3. Tanaman Herba dan Bumbu Dapur

a. Rosemary

Rosemary adalah tanaman herba yang populer untuk kebun vertikal. Selain memiliki wangi yang segar, rosemary juga dapat dimanfaatkan dalam makanan. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh optimal.

b. Thyme

Thyme bisa menjadi pilihan menarik untuk taman vertikal karena ukurannya yang kompak dan aroma harumnya yang khas. Selain itu, thyme juga sangat mudah dirawat dan membutuhkan sinar matahari penuh.

c. Mint

Mint adalah tanaman herba yang sangat cepat tumbuh dan mudah dirawat. Mint memerlukan area yang cukup terang namun tidak terlalu panas. Kelebihan lainnya adalah mint bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam minuman atau makanan.

4. Tanaman Sukulen

a. Echeveria

Echeveria adalah jenis sukulen yang paling populer untuk taman vertikal. Tanaman ini memiliki bentuk roset yang menarik dan tersedia dalam berbagai warna. Kelebihan utama dari echeveria adalah kebutuhan air yang sangat minim.

b. Sedum

Sedum merupakan kelompok tanaman sukulen yang dapat hidup di berbagai kondisi lingkungan, termasuk area yang sangat kering. Tanaman ini memiliki bentuk yang bervariasi dan sering digunakan dalam desain taman vertikal karena daya tahannya yang tinggi.

c. Haworthia

Haworthia adalah sukulen dengan pola daun yang menarik dan unik. Tanaman ini membutuhkan sedikit perawatan dan bisa hidup dengan air yang sangat minim, menjadikannya cocok untuk taman vertikal.

See also  Kriteria tanah yang baik untuk budidaya jahe

5. Tanaman Paku (Fern)

a. Boston Fern

Boston fern memiliki daun hijau yang lembut dan melengkung, memberikan tampilan yang sangat subur pada taman vertikal. Tanaman ini sangat cocok untuk area yang teduh dan lembap.

b. Staghorn Fern

Staghorn fern memiliki bentuk daun yang menyerupai tanduk rusa, sangat ideal untuk taman vertikal karena keunikan bentuknya. Tanaman ini juga membutuhkan perawatan yang cukup sederhana dan bisa tumbuh baik di area minim cahaya.

c. Maidenhair Fern

Maidenhair fern memiliki daun kecil yang berwarna hijau muda dan tangkai yang hitam. Tanaman ini sangat cocok untuk taman vertikal yang terletak di area teduh dan lembap.

6. Tanaman Merambat

a. English Ivy (Hedera helix)

English ivy merupakan tanaman merambat yang ideal untuk taman vertikal. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan memiliki kemampuan membersihkan udara. Ivy tumbuh baik di area yang teduh maupun terkena sinar matahari langsung.

b. Clematis

Clematis memiliki bunga yang besar dan cantik, menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan elemen estetika pada taman vertikal. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh untuk hasil optimal.

c. Hoya (Hoya carnosa)

Hoya atau wax plant adalah tanaman merambat dengan daun tebal dan bunga yang menyerupai bintang. Tanaman ini mampu tumbuh baik di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung dan memerlukan sedikit perawatan.

7. Tanaman Tropis

a. Spathiphyllum (Peace Lily)

Peace Lily adalah tanaman tropis yang bisa bertahan di kondisi sedikit cahaya dan memiliki kemampuan membersihkan udara dari polutan. Selain itu, bunga putih yang dihasilkan menambahkan nilai estetika pada taman vertikal.

b. Bromeliad

Bromeliad adalah kelompok tanaman tropis dengan struktur daun yang keras dan seringkali memiliki bunga yang berwarna cerah. Cocok untuk berbagai kondisi pencahayaan, namun sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung.

See also  Perlakuan pasca panen pada buah mangga

c. Calathea

Calathea memiliki daun berwarna-warni dan pola yang menarik, membuatnya ideal untuk taman vertikal yang membutuhkan sentuhan warna. Tanaman ini tumbuh baik di area teduh dengan kelembapan tinggi.

Kesimpulan

Memilih jenis tanaman yang tepat untuk taman vertikal sangat penting untuk keberlangsungan dan keindahan taman tersebut. Tanaman hias daun, tanaman berbunga, tanaman herba, sukulen, paku, tanaman merambat, dan tanaman tropis semuanya menawarkan berbagai keunggulan yang dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan estetika Anda. Dengan perawatan yang tepat, taman vertikal Anda tidak hanya akan menjadi ruang hijau yang menenangkan, tetapi juga memberikan manfaat ekologis yang signifikan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Comment

Discover more from HORTIKULTURA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading