fbpx

Pengertian sumber daya alam

Pengertian sumber daya alam

Sumber daya alam adalah elemen penting dalam kehidupan manusia dan tatanan dunia. Dalam konteks geografi, sumber daya alam memiliki peran yang sangat signifikan, mulai dari faktor ekonomi hingga dampak lingkungan. Artikel ini akan menjelaskan pengertian sumber daya alam, jenis-jenisnya, serta implikasinya dalam studi geografi.

Definisi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah bahan atau komponen yang ada di alam, baik yang hidup maupun yang mati, yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam ini dapat berupa mineral, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan lain-lain.

Jenis Sumber Daya Alam
Sumber Daya Terbarukan

Ini adalah sumber daya yang dapat diperbarui secara alami, misalnya air, tanah, dan tumbuhan. Energi matahari dan angin juga termasuk dalam kategori ini.

Sumber Daya Tidak Terbarukan

Ini meliputi sumber daya yang tidak dapat diperbarui atau memerlukan waktu yang sangat lama untuk diperbarui, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Implikasi Geografis
Ekonomi

Sumber daya alam sering menjadi motor penggerak ekonomi sebuah negara atau wilayah. Misalnya, negara-negara Teluk kaya akan minyak bumi, sedangkan Amerika Latin memiliki kekayaan dalam bentuk mineral.

Sosial-Budaya

Sumber daya alam seringkali mempengaruhi cara hidup dan kebudayaan sebuah masyarakat. Misalnya, masyarakat pesisir yang hidup dari hasil laut.

Politik

Kekayaan sumber daya alam dapat menjadi pemicu konflik politik baik antar-negara maupun di dalam sebuah negara.

Lingkungan

Penggunaan sumber daya alam juga berdampak pada lingkungan. Deforestasi, erosi, dan polusi adalah beberapa contoh dampak negatif dari eksploitasi sumber daya alam.

BACA JUGA  Pengertian Wilayah

Keberlanjutan dan Konservasi

Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan cara yang berkelanjutan untuk meminimalkan dampak negatifnya. Konservasi adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memastikan keberlanjutan sumber daya alam.

Kesimpulan

Memahami sumber daya alam dan implikasinya dalam konteks geografi sangat penting untuk perencanaan dan keberlanjutan. Sumber daya alam adalah aset yang berharga, dan perlu digunakan dengan bijak untuk kebaikan generasi saat ini dan yang akan datang.

SOAL DAN PEMBAHASAN

Soal 1

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?

Pembahasan

Sumber daya alam adalah bahan atau komponen yang ada di alam, yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Soal 2

Sebutkan dua jenis sumber daya alam berdasarkan kemampuannya untuk diperbarui.

Pembahasan

Dua jenis sumber daya alam berdasarkan kemampuannya untuk diperbarui adalah sumber daya terbarukan dan sumber daya tidak terbarukan.

Soal 3

Mengapa sumber daya alam penting dalam konteks geografi?

Pembahasan

Dalam konteks geografi, sumber daya alam mempengaruhi perekonomian, sosial-budaya, politik, dan lingkungan sebuah wilayah atau negara.

Soal 4

Bagaimana sumber daya alam mempengaruhi ekonomi sebuah negara?

Pembahasan

Sumber daya alam sering menjadi motor penggerak ekonomi, misalnya melalui ekspor minyak atau mineral.

Soal 5

Apa saja dampak negatif dari eksploitasi sumber daya alam?

Pembahasan

Dampak negatif dari eksploitasi sumber daya alam termasuk deforestasi, erosi, dan polusi.

BACA JUGA  Perkembangan transportasi

Soal 6

Bagaimana sumber daya alam bisa menjadi pemicu konflik?

Pembahasan

Kekayaan sumber daya alam dapat memicu konflik antar-negara atau dalam sebuah negara terkait hak atas sumber daya tersebut.

Soal 7

Apa itu keberlanjutan dalam konteks sumber daya alam?

Pembahasan

Keberlanjutan dalam konteks sumber daya alam adalah pemanfaatan sumber daya tersebut dengan cara yang tidak merusak atau menghabiskan sumber daya itu sendiri.

Soal 8

Sebutkan contoh dari sumber daya terbarukan.

Pembahasan

Contoh sumber daya terbarukan adalah air, tanah, tumbuhan, matahari, dan angin.

Soal 9

Apa yang dimaksud dengan sumber daya tidak terbarukan?

Pembahasan

Sumber daya tidak terbarukan adalah sumber daya yang tidak bisa diperbarui atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diperbarui, seperti minyak bumi.

Soal 10

Apa peran sumber daya alam dalam kebudayaan suatu daerah?

Pembahasan

Sumber daya alam mempengaruhi cara hidup dan kebudayaan suatu daerah, misalnya masyarakat pesisir yang menggantungkan hidupnya pada laut.

Soal 11

Sebutkan dua metode konservasi sumber daya alam.

Pembahasan

Dua metode konservasi sumber daya alam adalah pengelolaan berkelanjutan dan rehabilitasi ekosistem yang telah terdegradasi.

Soal 12

Apa yang dimaksud dengan eksploitasi sumber daya alam?

Pembahasan

Eksploitasi sumber daya alam adalah pemanfaatan sumber daya alam untuk keuntungan manusia yang seringkali dilakukan secara berlebihan.

Soal 13

Bagaimana pemanfaatan sumber daya alam dapat berdampak pada lingkungan?

Pembahasan

Pemanfaatan sumber daya alam dapat berdampak negatif pada lingkungan, misalnya melalui erosi, deforestasi, atau polusi air.

BACA JUGA  Energi terbarukan

Soal 14

Apa itu “overexploitation” dalam konteks sumber daya alam?

Pembahasan

“Overexploitation” adalah penggunaan sumber daya alam dengan intensitas yang melebihi kapasitas alam untuk memulihkannya.

Soal 15

Apa dampak dari “overexploitation” terhadap keanekaragaman hayati?

Pembahasan

“Overexploitation” dapat menyebabkan penurunan keanekaragaman hayati dan bahkan kepunahan beberapa spesies.

Soal 16

Bagaimana keberlanjutan sumber daya alam bisa diukur?

Pembahasan

Keberlanjutan sumber daya alam bisa diukur melalui indikator seperti rate penggunaan, tingkat pemulihan alami, dan dampak lingkungan dari penggunaan tersebut.

Soal 17

Apa peran pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam?

Pembahasan

Peran pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam termasuk regulasi, lisensi, dan kebijakan yang memastikan pemanfaatan yang berkelanjutan.

Soal 18

Mengapa sumber daya alam perlu dikelola dengan bijak?

Pembahasan

Sumber daya alam perlu dikelola dengan bijak untuk memastikan keberlanjutannya dan untuk menghindari dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial-ekonomi.

Soal 19

Apa yang dimaksud dengan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan?

Pembahasan

Pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah pendekatan yang bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam dalam jangka panjang tanpa merusak atau menghabiskannya.

Soal 20

Bagaimana sumber daya alam mempengaruhi tata ruang suatu daerah?

Pembahasan

Sumber daya alam mempengaruhi tata ruang suatu daerah melalui kegiatan ekonomi yang berpusat pada sumber daya tersebut, misalnya pertambangan atau perikanan.

Print Friendly, PDF & Email

Eksplorasi konten lain dari Geografi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca