Soal interferensi dan difraksi cahaya

Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya – celah ganda
1. Dua celah sempit berjarak 0,2 mm disinari cahaya dengan panjang gelombang 700 nm. Hitung tiga nilai sudut terkecil di mana terjadi, (1) interferensi konstruktif  (b) interferensi destruktif
2. Cahaya monokromatik melewati dua celah sempit yang sejajar. Jarak antara kedua celah adalah 0,5 mm. Jarak antara layar dengan kedua celah adalah 100 cm. Pola interferensi yang terjadi pada layar adalah berupa garis terang dan gelap yang dipisahkan oleh jarak yang sama. Jika jarak dua garis terang berdekatan adalah 0,3 mm, tentukan panjang gelombang cahaya yang digunakan.

Pelajari Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya – kisi difraksi
3. Sebuah kisi difraksi mempunyai 3000 garis setiap 1 cm dipasangi pada jarak 2 meter dari celah yang diterangi. Hitung panjang gelombang cahaya jika bayangan maksimum orde pertama berjarak 20 cm dari celah.
4. Cahaya mempunyai panjang gelombang 540 nm didifraksikan oleh kisi yang mempunyai 2500 garis/cm. Tentukan sudut difraksi orde ketiga!

Contoh soal interferensi dan difraksi cahaya – celah tunggal
5. Sebuah celah mempunyai lebar 0,5 mm disinari cahaya yang mempunyai panjang gelombang  = 650 nm. Pola difraksi pada layar berada pada jarak 50 cm dari celah. Tentukan jarak antara garis gelap kedua  dan garis terang utama.
6. Celah tunggal mempunyai lebar 0,4 mm disinari cahaya monokromatik dan pada layar sejauh 2 meter dari kisi difraksi, dapat diamati pola difraksi terang dan gelap. Jika jarak antara garis gelap ketiga dan garis terang utama adalah 20 mm, tentukan panjang geombang cahaya tersebut!

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung