Persamaan simpangan gelombang harmonik berjalan

Gelombang mekanik terjadi akibat adanya getaran medium dan gelombang mekanik merupakan getaran medium yang bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Gelombang harmonik jika getaran harmonik. Getaran harmonik atau gerak harmonik sederhana dan gerak melingkar beraturan mempunyai keterkaitan matematis. Gerak melingkar beraturan suatu partikel dapat dianggap sebagai gabungan dua gerak harmonik sederhana yang saling tegak lurus serta mempunyai frekuensi dan amplitudo yang sama.

Penurunan persamaan simpangan gelombang harmonik berjalan didasarkan pada keterkaitan antara gerak harmonik sederhana dan gerak melingkar beraturan.

Gelombang berjalan - 1

Gelombang berjalan 2

Gelombang berjalan 3

Gelombang berjalan 4

Pada selang waktu tertentu (t tidak nol), dimana posisi partikel dawai pada sumbu y dari partikel dawai yang berada di sumbu x = 0 atau pada sumbu x tertentu ?

Gelombang berjalanGelombang mulai ke titik x di sebelah kanan x = 0 selama selang waktu t = x / v (rumus asal : v = x / t), di mana x = jarak yang ditempuh, v = kelajuan gelombang. Simpangan partikel dawai pada titik x dapat dihitung dengan cara menggantikan t dengan (t – x/v).

Gelombang berjalan 6Rumus 1, 2 dan 3 adalah rumus simpangan gelombang harmonik yang bergerak ke kanan. Jika gelombang bergerak ke kiri maka gantikan tanda negatif dengan tanda positif.
Keterangan rumus :
A = amplitudo = simpangan maksimum
Omega = frekuensi sudut
k = bilangan gelombang
lambda = panjang gelombang
f = frekuensi = jumlah panjang gelombang yang ditempuh satu sekon
T = 1/f = periode = selang waktu gelombang berjalan sejauh 1 panjang gelombang

Referensi

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung