Kapan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat

Kapan Waktu Terbaik untuk Membeli Tiket Pesawat

Membeli tiket pesawat bisa menjadi proses yang penuh dengan ketidakpastian dan kebingungan. Tak jarang, Anda merasa bingung kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket agar mendapatkan harga terjangkau. Fenomena fluktuasi harga tiket pesawat bukanlah hal baru, dan ini bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti permintaan pasar, kebijakan maskapai, musim perjalanan, hingga perilaku pencarian pelancong. Lantas, kapan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat? Artikel ini akan memberi panduan untuk Anda.

Mengapa Harga Tiket Pesawat Berubah-ubah?

Sebelum membahas kapan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat, penting untuk memahami mengapa harga tiket pesawat sering berubah. Faktor-faktor berikut memainkan peran besar dalam menentukan harga tiket:

1. Musim Terbang: Harga cenderung lebih mahal saat musim liburan, hari libur nasional, dan musim panas. Di luar musim ini, harga tiket cenderung lebih murah.

2. Kurs Mata Uang: Perubahan nilai tukar mata uang dapat mempengaruhi harga tiket, terutama untuk perjalanan internasional.

3. Kebijakan Maskapai: Maskapai penerbangan sering kali memiliki promosi atau diskon pada waktu-waktu tertentu tahun.

4. Permintaan Pasar: Ketika permintaan tiket tinggi, harga biasanya naik. Sebaliknya, ketika permintaan rendah, harga bisa lebih terjangkau.

Waktu Terbaik untuk Membeli Tiket Pesawat

Penelitian dan analisis dari berbagai sumber menunjuk pada beberapa waktu yang umumnya dianggap ideal untuk membeli tiket pesawat:

1. 70 Hari Sebelum Tanggal Keberangkatan: Berdasarkan data dari berbagai analisis penerbangan, membeli tiket sekitar 70 hari sebelum jadwal keberangkatan sering kali memberikan harga terbaik. Meski demikian, ini bukan jaminan pasti, karena setiap rute dan maskapai memiliki karakteristik unik.

2. Hari Selasa dan Rabu: Hari Selasa dan Rabu sering disebut sebagai hari terbaik untuk membeli tiket pesawat. Alasan di balik ini adalah karena maskapai penerbangan sering kali merilis penawaran baru pada hari Selasa, dan kompetisi harga di antara maskapai pada hari Rabu bisa menekan harga lebih rendah.

READ  Apa yang perlu diketahui tentang bea cukai

3. Pukul 15.00-18.00: Waktu di sore hari, khususnya antara pukul 15.00 hingga 18.00, disebut-sebut sebagai saat di mana transaksi tiket pesawat lebih terjangkau. Kemungkinan ini terkait dengan penyesuaian harga oleh maskapai penerbangan dan OTA (Online Travel Agent).

Pertimbangan Musim dan Jadwal

1. Musim Liburan: Hindari membeli tiket saat musim liburan atau hari besar seperti Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah jika Anda mencari tiket murah. Harga tiket pesawat cenderung melonjak karena tingginya permintaan.

2. Musim Dingin dan Musim Gugur: Di negara dengan empat musim, tiket pesawat cenderung lebih murah selama musim dingin dan musim gugur, kecuali selama masa liburan.

3. Pertengahan Minggu: Selain Selasa dan Rabu, terbang pada hari-hari pertengahan minggu umumnya lebih murah dibandingkan akhir pekan.

Memanfaatkan Teknologi

1. Aplikasi dan Situs Web: Banyak aplikasi dan situs web tempat Anda bisa memonitor perubahan harga tiket pesawat, seperti Skyscanner, Google Flights, dan Hopper. Mereka memberi pemberitahuan ketika harga tiket ke tujuan yang Anda inginkan mengalami penurunan.

2. Alert Harga: Gunakan fasilitas alert harga pada platform tersebut. Fitur ini akan memberitahu Anda jika ada perubahan harga tiket yang sesuai dengan jadwal dan anggaran Anda.

3. Menggunakan VPN: Terkadang, harga tiket pesawat dapat bervariasi tergantung dari mana Anda melakukan pencarian. Dengan menggunakan VPN, memungkinkan Anda untuk mencari tiket dari berbagai lokasi geografis dan membandingkan harga.

Trik dan Tips Tambahan

1. Loyalty Program: Mendaftar pada program loyalitas maskapai bisa mendatangkan banyak manfaat, termasuk penawaran khusus, potongan harga, dan poin yang bisa ditukarkan untuk penerbangan di masa mendatang.

2. Miliki Fleksibilitas: Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam hal tanggal dan waktu keberangkatan, Anda bakal punya lebih banyak peluang mendapatkan tiket lebih murah. Beberapa situs web bahkan menawarkan kalender harga yang memperlihatkan tiket termurah dalam bulan tertentu.

READ  Tips mengatasi jet lag saat terbang lintas zona waktu

3. Penerbangan Transit: Dalam beberapa kasus, memilih penerbangan dengan transit bisa lebih murah dibandingkan penerbangan langsung. Meski memerlukan waktu lebih lama, ini adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan terutama untuk perjalanan internasional.

4. Penerbangan Low-Cost: Maskapai penerbangan low-cost sering menawarkan harga tiket yang jauh lebih rendah dibandingkan maskapai full-service. Namun, pastikan memeriksa semua biaya tambahan, seperti bagasi dan makanan, agar tidak terjadi kejutan pada akhir proses pembelian.

5. Promo Kredit Card: Beberapa bank menawarkan promo untuk pembelian tiket pesawat. Anda bisa mendapatkan potongan harga atau cicilan tanpa bunga jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu.

Kesimpulan

Membeli tiket pesawat dengan harga terbaik tidak harus menjadi proses yang membingungkan. Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah disebutkan, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk menghemat dana. Selalu ingat untuk melakukan riset, memanfaatkan teknologi yang ada, dan memiliki fleksibilitas dalam jadwal perjalanan Anda. Selamat berburu tiket pesawat, dan semoga perjalanan Anda menyenangkan dan hemat biaya!

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari PENERBANGAN

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca