Cara memilih tempat duduk di pesawat untuk ruang kaki ekstra

Cara Memilih Tempat Duduk di Pesawat untuk Ruang Kaki Ekstra

Jika Anda sering bepergian dengan pesawat, kemungkinan besar Anda pernah merasakan ketidaknyamanan karena ruang kaki yang terbatas. Terutama pada penerbangan jarak jauh, ruang kaki yang sempit bisa menjadi penyebab utama rasa pegal dan ketidaknyamanan. Untuk mendapatkan pengalaman terbang yang lebih menyenangkan, penting untuk mengetahui cara memilih tempat duduk di pesawat yang menawarkan ekstra ruang kaki. Berikut beberapa tips dan trik yang perlu Anda ketahui.

1. Pilih Kursi di Baris Darurat (Exit Row)

Kursi di baris darurat sering kali menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan ruang kaki tambahan. Maskapai penerbangan menyediakan lebih banyak ruang di area ini karena aturan keamanan mensyaratkan agar penumpang di baris ini memiliki ruang yang cukup untuk membantu dalam situasi darurat.

Keuntungan:
– Biasanya menawarkan lebih banyak ruang kaki dibandingkan dengan kursi biasa.
– Lokasinya strategis sehingga memudahkan akses keluar-masuk pesawat.

Kekurangan:
– Kadang-kadang kursi ini tidak memiliki kemampuan untuk berbaring sepenuhnya.
– Hanya bisa ditempati oleh penumpang yang memenuhi kriteria keselamatan tertentu, seperti usia minimal, kemampuan fisik, dan memahami instruksi dalam bahasa yang digunakan oleh maskapai.

2. Kursi di Bulkhead

Kursi di bulkhead adalah kursi yang terletak di bagian depan atau belakang sekat yang memisahkan berbagai kelas dalam kabin. Kursi-kursi ini sering kali menawarkan lebih banyak ruang kaki karena tidak ada kursi di depan mereka.

Keuntungan:
– Memiliki ekstra ruang kaki karena tidak ada kursi di depan Anda.
– Anda mungkin mendapatkan pelayanan lebih cepat karena dekat dengan kabin kru.

Kekurangan:
– Tidak ada tempat untuk menyimpan barang di bawah kursi di depan karena tidak ada kursi di depan Anda.
– Opsi ini bisa lebih berisik karena lokasinya dekat dengan dapur pesawat atau toilet.

READ  Tips perjalanan bagi wanita hamil

3. Kursi Ekonomi Premium atau Kelas Bisnis

Jika memungkinkan, memilih kursi di ekonomi premium atau kelas bisnis adalah jaminan pasti untuk mendapatkan lebih banyak ruang kaki. Banyak maskapai penerbangan menawarkan kelas ekonomi premium sebagai opsi perantara antara ekonomi reguler dan kelas bisnis. Sementara itu, kelas bisnis menawarkan ruang kaki yang jauh lebih luas dan kenyamanan yang lebih baik.

Keuntungan:
– Ruang kaki lebih luas, kadang hingga dua kali lebih besar dari kursi ekonomi biasa.
– Pelayanan dan fasilitas lebih baik, termasuk makanan dan minuman yang lebih beragam.

Kekurangan:
– Harga tiket biasanya jauh lebih mahal.
– Tempat duduk terbatas dan cepat habis, terutama pada penerbangan populer.

4. Gunakan Aplikasi dan Situs Web Pemilihan Kursi

Beberapa situs web dan aplikasi, seperti SeatGuru, menawarkan panduan pemilihan kursi berdasarkan jenis pesawat dan maskapai penerbangan. Mereka memberikan ulasan dan rekomendasi, yang sering kali sangat membantu untuk menemukan kursi dengan ruang kaki ekstra.

Keuntungan:
– Informasi yang lengkap dan up-to-date mengenai konfigurasi kursi di berbagai tipe pesawat dan maskapai.
– Ulasan pengguna yang bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Kekurangan:
– Kadang informasi bisa tidak sepenuhnya akurat karena perubahan konfigurasi pesawat yang dilakukan maskapai.
– Anda masih harus memesan melalui situs maskapai atau agen perjalanan.

5. Cek Kebijakan Maskapai

Setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal pemilihan kursi dengan ruang kaki ekstra. Beberapa maskapai menawarkan opsi “extra legroom” atau “preferred seating” yang memang dirancang untuk memberikan lebih banyak ruang kaki. Biasanya ini membutuhkan biaya tambahan, tetapi bisa sangat sepadan dengan kenyamanan yang diperoleh.

READ  Apa yang terjadi saat penerbangan dibatalkan

Keuntungan:
– Memastikan Anda mendapatkan kursi dengan ruang kaki ekstra seperti yang diharapkan.
– Kadang-kadang, ada penawaran khusus atau diskon bagi anggota frequent flyer.

Kekurangan:
– Biaya tambahan bisa mahal, terutama jika perjalanan dilakukan bersama keluarga atau grup.
– Tidak semua maskapai menyediakan opsi ini.

6. Tips Tambahan

Selain memilih kursi dengan benar, ada beberapa tips tambahan yang bisa meningkatkan kenyamanan selama penerbangan:

– Pesan tiket lebih awal: Memesan tiket jauh-jauh hari memberi Anda lebih banyak opsi kursi yang tersedia, sehingga kemungkinan besar Anda mendapatkan kursi yang diinginkan.
– Check-in online secepat mungkin: Banyak maskapai memungkinkan check-in 24-48 jam sebelum penerbangan. Dengan check-in lebih awal, Anda bisa memilih kursi yang lebih baik jika belum dialokasikan sebelumnya.
– Manfaatkan status frequent flyer: Jika Anda sering terbang dengan maskapai tertentu, pertimbangkan untuk bergabung dalam program loyalitas mereka. Status tinggi dalam program ini sering kali memberi Anda akses ke pemilihan kursi dengan ruang kaki ekstra tanpa biaya tambahan.
– Pertimbangkan peningkatan (upgrade): Kadang-kadang maskapai menawarkan opsi untuk mengupgrade kursi Anda ke kelas yang lebih tinggi dengan biaya tambahan saat check-in atau di gerbang keberangkatan. Ini bisa menjadi opsi yang lebih murah dibandingkan membeli tiket bisnis atau ekonomi premium dari awal.

Kesimpulan

Bepergian dengan nyaman memerlukan perencanaan yang matang, terutama dalam hal pemilihan kursi di pesawat. Mengetahui di mana menemukan kursi dengan ruang kaki ekstra dapat membuat penerbangan Anda lebih menyenangkan dan bebas stres. Dari memilih kursi di baris darurat atau bulkhead, hingga menggunakan aplikasi dan situs web pemilihan kursi, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda mendapatkan tempat duduk yang paling nyaman. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan kebijakan maskapai dan tips tambahan lainnya agar perjalanan udara Anda menjadi lebih baik. Happy flying!

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari PENERBANGAN

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca