Apa itu kode berbagi dalam penerbangan

Kode Berbagi dalam Penerbangan: Meningkatkan Aksesibilitas dan Keterhubungan Antar Maskapai

Dalam industri penerbangan, kode berbagi merupakan praktik di mana dua atau lebih maskapai bekerja sama untuk menawarkan layanan penerbangan yang terintegrasi kepada penumpang. Dalam praktik ini, maskapai yang satu mengoperasikan penerbangan dengan menggunakan kode identifikasi maskapainya sendiri, tetapi sebetulnya penerbangan ini dilakukan oleh maskapai partner. Dengan kata lain, ketika kita membeli tiket penerbangan dengan maskapai tertentu, penerbangannya tidak sepenuhnya dioperasikan oleh maskapai tersebut.

Tujuan utama dari kode berbagi dalam penerbangan adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterhubungan antar maskapai. Dengan adanya kode berbagi, maskapai bisa menawarkan lebih banyak tujuan penerbangan meskipun mereka tidak melayani rute tersebut secara langsung. Hal ini memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan ke destinasi yang lebih luas dengan menggunakaan satu tiket penerbangan.

Misalnya, jika kita ingin terbang dari Jakarta ke New York, mungkin kita bisa membeli tiket penerbangan dengan maskapai yang melakukan kode berbagi dengan maskapai Amerika yang melayani rute tersebut. Meskipun kita harus melakukan transit di kota tertentu dan penerbangan bagiannya dioperasikan oleh maskapai partner, kita tetap bisa mencapai tujuan akhir dengan satu tiket penerbangan.

Tetapi, apa yang menjadi manfaat dan juga kekurangan dari kode berbagi dalam penerbangan? Mengapa maskapai menggunakan kode berbagi? Berikut adalah daftar 20 pertanyaan dan jawaban yang dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai konsep dan praktik kode berbagi dalam penerbangan.

Pertanyaan:
1. Apa itu kode berbagi dalam penerbangan?
2. Mengapa kode berbagi dalam penerbangan diperlukan?
3. Bagaimana cara kerja kode berbagi dalam penerbangan?
4. Apa bedanya antara maskapai yang mengoperasikan penerbangan dengan maskapai partner dalam kode berbagi?
5. Apa manfaat bagi maskapai yang melakukan kode berbagi?
6. Apa manfaat bagi penumpang dalam menggunakan kode berbagi?
7. Mengapa beberapa orang enggan menggunakan kode berbagi dalam penerbangan?
8. Bagaimana kode berbagi meningkatkan konektivitas antar maskapai?
9. Apakah kode berbagi dalam penerbangan tersedia di semua maskapai?
10. Apakah harga tiket penerbangan dengan kode berbagi lebih mahal daripada penerbangan langsung?
11. Apa risikonya jika tiket dengan kode berbagi tertunda atau dibatalkan?
12. Apakah kita harus mengambil bagasi tercatat dan cek ulang saat melakukan transit dengan kode berbagi?
13. Apa platform yang biasa digunakan untuk memesan tiket penerbangan dengan kode berbagi?
14. Apakah maskapai bisa melakukan kode berbagi dengan lebih dari satu maskapai partner?
15. Bagaimana membedakan penerbangan dengan kode berbagi dan penerbangan langsung?
16. Apa saja maskapai yang terkenal menggunakan kode berbagi dalam penerbangan?
17. Apakah ada batasan waktu atau jarak dalam kode berbagi penerbangan?
18. Apakah ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan kode berbagi penerbangan?
19. Apakah maskapai yang terlibat dalam kode berbagi menggunakan armada yang sama?
20. Apakah kita bisa mengumpulkan dan menukarkan poin atau miles loyalitas di penerbangan dengan kode berbagi?

Jawaban:
1. Kode berbagi dalam penerbangan adalah praktik di mana dua atau lebih maskapai bekerja sama untuk menawarkan layanan penerbangan terintegrasi kepada penumpang.
2. Kode berbagi diperlukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterhubungan antar maskapai agar penumpang bisa mencapai destinasi yang lebih luas dengan satu tiket penerbangan.
3. Dalam kode berbagi, maskapai yang satu mengoperasikan penerbangan dengan menggunakan kode identifikasi maskapainya sendiri, tetapi dilakukan oleh maskapai partner.
4. Perbedaan antara maskapai yang mengoperasikan penerbangan dengan maskapai partner dalam kode berbagi adalah maskapai partner memiliki peran sebagai pemilik pesawat dan melaksanakan operasional harian penerbangan.
5. Manfaat bagi maskapai yang melakukan kode berbagi antara lain meningkatkan jangkauan penerbangan mereka tanpa harus memiliki armada tambahan dan meningkatkan pendapatan melalui pembagian pendapatan dengan maskapai partner.
6. Manfaat bagi penumpang dalam menggunakan kode berbagi antara lain aksesibilitas ke rute-rute yang lebih luas, kemudahan dalam membeli tiket, dan kenyamanan karena proses transit diatur oleh maskapai.
7. Beberapa orang mungkin enggan menggunakan kode berbagi karena adanya risiko tertunda atau dibatalkan, lebih banyak waktu yang diperlukan untuk transit, dan adanya ketidakpastian mengenai maskapai yang akan mengoperasikan penerbangan.
8. Kode berbagi meningkatkan konektivitas antar maskapai dengan memungkinkan penumpang untuk melakukan transit antara maskapai partner dengan satu tiket penerbangan, tanpa harus keluar dari area transit.
9. Kode berbagi dalam penerbangan tidak tersedia di semua maskapai, dan hanya maskapai yang memiliki kemitraan khusus dengan maskapai lain yang bisa menawarkan layanan ini.
10. Harga tiket penerbangan dengan kode berbagi bisa lebih mahal daripada penerbangan langsung, tetapi tergantung pada rute dan maskapai yang terlibat.
11. Risiko terjadinya penundaan atau pembatalan penerbangan dengan kode berbagi sama seperti penerbangan lainnya, tetapi maskapai biasanya akan menawarkan opsi alternatif jika terjadi masalah.
12. Kebijakan bagasi tercatat dan pengambilan ulang bisa berbeda-beda tergantung pada ketentuan maskapai penerbangannya.
13. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk memesan tiket penerbangan dengan kode berbagi, termasuk situs web maskapai penerbangan, agen perjalanan online, dan aplikasi pemesanan tiket.
14. Ya, maskapai bisa melakukan kode berbagi dengan lebih dari satu maskapai partner, tergantung pada kesepakatan kemitraan yang dimiliki.
15. Penerbangan dengan kode berbagi ditandai dengan kode identifikasi maskapai yang berbeda di tiket penerbangan, dan biasanya melibatkan satu atau lebih transit.
16. Beberapa maskapai yang terkenal menggunakan kode berbagi dalam penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Emirates, dan Delta Air Lines.
17. Tidak ada batasan waktu atau jarak dalam kode berbagi penerbangan, karena bisa digunakan untuk rute apa pun yang ditawarkan oleh maskapai partner.
18. Persyaratan khusus dalam kode berbagi penerbangan dapat bervariasi tergantung pada ketentuan maskapai penerbangannya, tetapi umumnya tidak ada persyaratan tambahan selain yang dibutuhkan untuk melakukan penerbangan.
19. Maskapai yang terlibat dalam kode berbagi tidak harus menggunakan armada yang sama, karena yang penting adalah adanya kemitraan yang mengatur pengoperasian penerbangan.
20. Pada umumnya, poin atau miles loyalitas tidak bisa dikumpulkan atau ditukarkan di penerbangan dengan kode berbagi, tetapi ada beberapa pengecualian tergantung pada kebijakan maskapai dan program loyalitas yang terlibat.

Print Friendly, PDF & Email

Eksplorasi konten lain dari PENERBANGAN

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca