Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten/kota – Alat optik mata, kacamata, teropong

Mata

1. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2010 No.28

Salah satu alat optik alami adalah mata. Pada proses melihat, terbentuk bayangan …..

  1. Sejati, tegak, tepat di retina
  2. Sejati, terbalik, tepat di retina
  3. Maya, tegak, tepat di retina
  4. Maya, terbalik, tepat di retina

Pembahasan
Titik dekat mata normal rata-rata adalah 25 cm. Titik dekat adalah jarak terdekat yang masih dapat difokuskan oleh mata. Diameter mata manusia tentu saja lebih kecil dari 25 cm sehingga panjang fokus lensa mata juga lebih kecil dari 25 cm. Dengan demikian, jarak benda (s) pasti lebih besar daripada panjang fokus sistem lensa mata (f).

Sistem lensa mata merupakan lensa cembung. Karenanya bayangan yang terbentuk oleh sistem lensa mata pada proses melihat mempunyai sifat yang sama dengan bayangan yang terbentuk oleh lensa cembung. Sifat-sifat bayangan yang terbentuk oleh sistem lensa mata ketika jarak benda (s) lebih besar daripada panjang fokus (f), antara lain :
– Nyata atau sejati
– Terbalik
– Diperkecil
– Tepat di retina

Bayangan harus tepat berada di retina karena retina berfungsi mengubah gelombang cahaya menjadi sinyal listrik yang diteruskan ke otak. Walaupun bayangan terbalik tetapi otak manusia mengubahnya menjadi tegak sehingga benda-benda yang dilihat oleh mata bersifat tegak.

Jawaban yang benar adalah B.

Kacamata

2. Soal Olimpiade Sains Nasional SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2011 No.37

Seorang mempunyai titik dekat 16 cm dan titik jauh 80 cm. Jika ia menggunakan kacamata, ia dapat melihat benda-benda yang sangat jauh dengan jelas. Dengan menggunakan kacamata tersebut, jarak benda terdekat yang dapat dia lihat dengan jelas adalah….

  1. 13 1/3 cm
  2. 20 cm
  3. 36 cm
  4. 48 1/3 cm

Pembahasan

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: