Pembahasan soal konduktor dan isolator

1. EBTANAS-SMP-00-20

Benda-benda yang termasuk isolator listrik adalah …

A. tembaga dan seng

B. tembaga dan porselin

C. mika dan seng

D. mika dan porselin

Pembahasan

Isolator listrik adalah penghambat arus listrik yang baik, sedangkan penghantar arus listrik yang baik disebut konduktor listrik. Pada umumnya logam merupakan penghantar listrik yang baik, sedangkan plastik, karet, batu, kayu kering atau tanah kering merupakan penghambat listrik yang baik. Yang termasuk konduktor listrik adalah tembaga dan seng, sedangkan yang termasuk isolator listrik adalah mika dan porselin.

Jawaban yang benar adalah D.

2. EBTANAS-SMP-01-17

Bahan isolator dapat berfungsi sebagai konduktor, bila.,..

A. sedang memuai

B. suhunya tinggi

C. kuat arus kecil

D. tegangannya tinggi

Pembahasan

Isolator adalah penghambat arus listrik yang baik sedangkan konduktor adalah penghantar arus listrik yang baik. Arus listrik adalah muatan listrik yang berpindah selama selang waktu tertentu.

Muatan listrik statis dapat dihasilkan dengan mengosokkan dua benda isolator, misalnya plastik digosokan dengan rambut dan kaca digosokan dengan kain. Setelah digosokkan, benda-benda tersebut menjadi bermuatan listrik. Benda-benda isolator tersebut menjadi bermuatan listrik karena terjadi perpindahan elektron (muatan listrik negatif) dari satu benda ke benda yang lain, menyebabkan salah satu benda berkelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif dan benda lainnya berkekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.

Contoh yang diulas di atas menunjukkan bahwa isolator dapat berfungsi sebagai konduktor, tetapi hanya ketika kuat arus sangat kecil (jumlah muatan yang berpindah selama selang waktu tertentu sangat sedikit).

Jawaban yang benar adalah C.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung