Pembahasan soal galvanometer

1. EBTANAS-SMP-02-27

Perhatikan gambar! Ketika kutub selatan masuk kumparan, maka jarum galvanometer bergerak ke …

Pembahasan soal galvanometerA. kanan kemudian ke kiri

B. kanan kemudian ke angka nol

C. kiri kemudian ke kanan

D. kiri kemudian ke angka nol

Pembahasan

Sebelum mempelajari penjelasan ini, terlebih dahulu dipahami kaidah tangan kanan. Rentangkan tangan kanan, tegakkan ibu jari dan tekukkan keempat jari lainnya. Jika ibu jari menunjukan arah arus listrik maka putaran keempat jari lainnya menunjukkan arah medan magnet. Demikian juga, jika putaran keempat jari menunjukkan arah arus listrik maka ibu jari menunjukkan arah medan magnet.

Jarum galvanometer bergerak ke kanan jika arus listrik mengalir ke kanan rangkaian, searah putaran jarum jam dan jarum galvanometer bergerak ke kiri apabila arus listrik mengalir ke kiri rangkaian, berlawanan arah dengan putaran jarum jam.

Hukum Lenz menyatakan bahwa GGL induksi selalu menghasilkan arus listrik yang medan magnetnya berlawanan dengan asal perubahan fluks. Jadi jika kutub selatan magnet bergerak ke bawah masuk kumparan, maka timbul arus listrik yang medan magnetnya berlawanan arah dengan arah gerakan magnet tersebut. Menggunakan kaidah tangan kanan, agar medan magnet induksi berarah ke atas (sama dengan arah ibu jari) maka arus listrik induksi harus mengalir ke kiri rangkaian, berlawanan arah dengan putaran jarum jam (sama dengan arah tekukan keempat jari tangan kanan).

Jika kutub selatan magnet masuk lalu keluar lagi ke atas maka arus listrik mengalir ke kiri rangkaian lalu ke kanan rangkaian sehingga jarum galvanometer menyimpang ke kiri lalu ke kanan.

Tetapi bila kutub selatan magnet masuk kumparan lalu berhenti maka arus listrik mengalir ke kiri rangkaian lalu berhenti sehingga jarum galvanometer menyimpang ke kiri lalu kembali ke angka nol.

Jawaban yang benar adalah D.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung