Magnet – Soal dan jawaban UN 2013

Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 11. Soal UN IPA SMP 2012/2013 SP 29 No.15

Batang besi P-Q ikut menjadi magnet dengan jenis kutub seperti pada gambar, karena didekatkan dengan batang baja A-B yang merupakan magnet buatan. Gambar berikut menunjukkan cara pembuatan magnet batang P-Q yang benar adalah…
Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 2
Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 3

Pembahasan

Terdapat 3 cara membuat besi menjadi magnet, yakni menggosok, induksi dan dialiri arus listrik.

Pembuatan magnet dengan cara induksi
Pembuatan magnet dengan cara induksi dilakukan dengan mendekatkan benda yang hendak dijadikan magnet dengan benda yang telah menjadi magnet, tanpa menyentuhkan kedua benda tersebut. Jika salah satu ujung benda didekatkan dengan kutub utara magnet maka ujung benda tersebut menjadi kutub selatan. Sebaliknya jika ujung benda didekatkan dengan kutub selatan maka ujung benda tersebut menjadi kutub utara. Contoh pembuatan magnet dengan cara induksi ditunjukkan pada gambar batang besi dan magnet batang baja di atas tiang penyanggah. Pada gambar tersebut, ujung Q batang besi didekatkan dengan kutub selatan magnet baja karenanya ujung Q batang besi berubah menjadi kutub utara dan ujung P batang besi menjadi kutub selatan.

Pembuatan magnet dengan cara menggosok 

Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan magnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan. Sebaliknya apabila kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub selatan maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub utara. Jawaban A dan B salah karena penggosokan tidak dilakukan pada satu arah.

Pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik
Proses pembuatan magnet dengan cara dialiri arus listrik tampak seperti gambar pada jawaban C dan D. Kutub magnet yang dihasilkan ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Amati gambar C. Letakan tangan kanan tegak di depan wajah anda; telapak tangan kanan dalam posisi tegak menghadap wajah anda. Tekuk keempat jari tangan anda (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking). Arah keempat jari anda sama dengan arah arus pada lilitan kawat dan arah ibu jari ke kanan sama dengan arah medan magnet. Medan magnet selalu keluar dari kutub utara menuju kutub selatan. Jadi pada gambar C, ujung Q merupakan kutub utara magnet.
Pada gambar D, kutub utara magnet berada di ujung P karena arah arus yang melalui lilitan kawat berlawanan dengan pada gambar C. Arah arus juga digambarkan salah karena arus seharusnya bergerak dari potensial tinggi ke rendah, bukan sebaliknya.
Jawaban yang benar adalah C.

2. Soal UN IPA SMP 2012/2013 SP 33 No.15

Perhatikan gambar berikut! Saat batang besi A-B didekatkan dengan batang P-Q, timbul kutub-kutub magnet seperti pada gambar.

 Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 4

Jika batang P-Q merupakan magnet buatan, gambar di bawah ini yang menunjukkan proses pembuatan magnet pada batang P-Q yang benar adalah…

 Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 5

Magnet – Soal dan jawaban UN 2013 - 6

Pembahasan

Pada proses pembuatan batang besi P-Q menjadi magnet dengan cara induksi, ujung P berdekatan dengan kutub utara magnet A-B sehingga P menjadi kutub selatan.

Pada jawaban A, magnet digosokkan pada satu arah dari kiri ke kanan dan kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara. Ujung akhir benda yang digosok yakni P menjadi kutub selatan.

Pada jawaban B, magnet digosokkan pada satu arah dari kanan ke kiri dan kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara. Ujung akhir benda yang digosok yakni Q menjadi kutub selatan.

Pada jawaban C dan D, magnet tidak digosokkan pada satu arah.

Jawaban yang benar adalah A.

Jumlah halaman : 21

Materi Pembahasan Soal :

  1. Besaran dan Satuan
  2. Massa Jenis
  3. Suhu
  4. Kalor
  5. Hukum Newton
  6. Penerapan Hukum Newton
  7. Usaha dan Energi
  8. Tekanan
  9. Getaran dan Gelombang
  10. Bunyi
  11. Alat Optik
  12. Listrik Statis
  13. Listrik Dinamis
  14. Energi dan Daya Listrik
  15. Magnet
  16. Listrik Arus Bolak Balik
  17. Tata Surya
Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung