Hukum Bernoulli – contoh soal UN

1. P1 dan v1 adalah tekanan dan kecepatan udara di atas sayap, P2 dan v2 adalah tekanan dan kecepatan udara di bawah sayap. Agar pesawat dapat terangkat maka maka syaratnya …
A. P1 = P2 dan v1 = v2
B. P1 < P2 dan v1 > v2
C. P1 < P2 dan v1 < v2
D. P1 > P2 dan v1 > v2
E. P1 > P2 dan v1 < v2
Pembahasan :
Diketahui :
P1 = Tekanan udara di atas sayap
P2 = Tekanan udara di bawah sayap
v1 = kelajuan udara di atas sayap
v2 = kelajuan udara di bawah sayap
Ditanya :
Syarat pesawat terangkat atau pesawat bergerak ke atas ?
Jawab :
Hukum Bernoulli atau lebih tepat disebut Prinsip Bernoulli menyatakan bahwa jika kecepatan fluida besar maka tekanan fluida tersebut kecil, sebaliknya jika kecepatan fluida kecil maka tekanan fluida tersebut besar. Fluida adalah zat yang dapat mengalir. Contoh fluida adalah udara dan air.
Apabila kecepatan udara besar maka tekanan udara tersebut kecil, sebaliknya jika kecepatan udara kecil maka tekanan udara tersebut besar.

Ketika kecepatan udara di atas sayap lebih besar dibandingkan kecepatan udara di bawah sayap, maka tekanan udara di atas sayap lebih kecil dibandingkan tekanan udara di bawah sayap. Karena tekanan udara di bawah sayap lebih besar maka gaya dorong udara di bawah sayap juga lebih besar. Sebaliknya tekanan udara di atas sayap lebih kecil sehingga gaya dorong udara di atas sayap juga lebih kecil (P = F/A – semakin besar tekanan, P, semakin besar gaya, F).

Gaya dorong udara di sebelah bawah sayap lebih besar, gaya dorong udara di sebelah atas sayap lebih kecil, sehingga ada resultan gaya atau gaya total yang arahnya ke atas. Gaya total yang arahnya ke atas ini yang menyebabkan pesawat terangkat.
Jadi syarat pesawat terangkat adalah P1 < P2 dan v1 > v2

Jawaban yang benar adalah B.

Anda perlu masuk untuk melihat isi sepenuhnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung